AMBON, Siwalimanews – DPRD Maluku mendapat kehor­matan ditemui pimpinan dan komi­sioner KPU Provinsi Jawa Barat.

Pertemuan kedua pihak tersebut bersama dengan KPU Maluku itu bagaimana mensukseskan pemilihan umum tahun   2024 di ruang sidang utama Baileo Rakyat Karang Pan­jang, Rabu (20/7)

Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury mengatakan, da­lam pertemuan antara KPU Maluku, DPRD dan KPU Jawa Barat telah dibicarakan begitu banyak hal yang berkaitan dengan kolaborasi guna mensukseskan pemilu.

“Yang pasti pertemuan dengan KPU Maluku dan Jawa Barat itu kami sudah bicarakan, tetapi kita juga belajar bagaimana KPU Jawa Barat dengan jumlah pemilih yang cukup besar dapat melaksanakan tugas dengan sukses,” ungkap Wattimury.

Dalam pertemuan itu juga, kata Wattimury, KPU Jawa Barat menje­laskan terkait dengan tata cara me­nyusun anggaran dengan melibat­kan pemerintah daerah, sehingga dengan pengalaman yang diberikan DPRD dan KPU Maluku kedepan guna menjamin pemilu yang ber­kualitas.

Baca Juga: Pemuda AMGPM Ditantang Buat Film Pendek

“Pada prinsipnya DPRD meng­inginkan demokrasi yang nantinya dijelankan benar-benar berkualitas, dengan dukungan partisipasi mas­ya­rakat dalam pemiliham umum yang cukup tinggi pula,” ung­kapnya.

Ditempat yang sama Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Bidang Pe­rencanaan dan Logistik Nina Ayu­ningsi mengatakan, pihaknya telah belajar banyak dari Maluku, baik dari aspek penganggaran maupun parti­sipasi yang cukup tinggi, walaupun tantangan geografis yang demikian sulit, tetapi kualitas pemilu dapat dijaga.

Bawaslu Temui Kapolda

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Astuti Usman tersama rombongan menemui Ka­polda Maluku, Irjen Lotharia Latif, Selasa (19/7).

Kedatangan komisioner Bawaslu Maluku ini tidak lain adalah, untuk meminta dukungan Polda Maluku dalam mensuksekan Pemilu 2024 dari segi keamanannya.

“Tujuan silaturahmi untuk me­ning­katkan hubungan kerja sama dalam rangka memasuki tahapan Pemilu tahun 2024,” ujar Astuti.

Pada kesempatan itu, kapolda juga menyatakan, Polda Maluku siap mendukung Bawaslu dalam mela­kukan pengawasan pelaksanaan pesta rakyat lima tahunan tersebut.

“Polda Maluku siap mendukung Bawaslu dalam pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024,” tandas kapolda. (S-20/S-10)