AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku melalui Komisi IV mendorong dilakukannya penataan dan pembenahan kembali prestasi olahraga di Maluku, pasca berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional XX Papua.

Sekretaris Komisi IV DPRD Pro­vinsi Maluku, Justina Renyaan me­ne­gaskan, jika dilihat capaian medali baik emas, perak dan perunggu kon­tingen Maluku sangat minim, maka sesungguhnya itu, sangat mengece­wakan semua masyarakat didaerah ini.

“Jika dilihat capaian medali baik emas, perak dan perunggu konti­ngen Maluku sangat minim, maka sesungguhnya itu, sangat menge­cewakan semua masyarakat didaerah ini. Kalau dilihat hasil sementara, agak kecewa juga dari ranking dan harus kita mengakui daerah lain, seperti DKI Jakarta tetapi ada NTT juga yang bisa juara,” ujar Renyaan.

Komisi IV kata Renyaan, belum dapat memastikan penyebab dari beberapa atlet kebanggaan Maluku mengalami kekalahan, mungkin saja karena kesiapan yang belum maksimal atau pelayanan makan dan minum, yang sebelumnya menjadi temuan Komisi IV juga mem­pengaruhi penampilan para atlet.

Namun, hasil sementara pada ajang PON XX, kata Renyaan menunjukkan bahwa dari segi prestasi olahraga di Maluku masih dibawah, sehingga kedepannya harus ada pembenahan secara menyeluruh. baik dari KONI, pelatih maupun atlet, bila ingin meningkatkan prestasi olahraga di masa mendatang.

Baca Juga: 50 Perusahaan Dilaporkan ke Disnaker

“Sebenarnya kita juga masih pesimis belum optimis, karena itu harus ada pembenahan olahraga di Maluku, agar kedepan kita bisa meningkatkan prestasi olahraga kita,” tandasnya. (S-50)