AMBON, Siwalimanews –  Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut mendesak Dinas Kesehatan untuk memperhatikan dengan serius kondisi kesehatan pengungsi gempa di Kecamatan Tehoru.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi masyarakat yang ada di tenda-tenda pengungsian, karena itu kita dorong Dinas Kesehatan Maluku untuk memantau terus kondisi kesehatan semua pengungsi,” ujar Sairdekut kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Sabtu (19/6).

Menurutnya, di tengah kondisi curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, menjadi suatu keprihatinan bersama ketika masyarakat harus tinggal ditempat pengungsian.

Apalagi, adanya kekhawatiran dari masyarakat setempat akan adanya gempa susulan, walaupun BMKG telah menyatakan potensi tsunami telah berakhir.

Untuk itu Dinkes diingatkan untuk memprioritaskan pelayanan kepada anak-anak dan balita yang memiliki kerentanan cukup tinggi, jika berlama-lama di tenda-tenda pengungsian.

Baca Juga: Warga Dusun Mahu Minta Direlokasi

“Banyak sekali anak-anak dan balita yang tinggal ditenda pengungsian. Ini yang harus menjadi perhatian dan fokus dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” tandas Sairdekut. (S-50)