AMBON, Siwalimanews – Komisi III DPRD Provinsi Maluku akan memperjuangkan penambahan satu unit pasar baru, guna menambah pasar di Mardika.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku Richard Rahakbauw kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (12/1) mengungkapkan, untuk melakukan penataan pedagang di Pasar Mardika, maka solusinya hanya menambah satu unit pasar baru lagi.

“Memang pemerintah pusat sudah bangun satu unit pasar baru, tapi kan kapasitasnya tidak bisa mengcover seluruh pedagang di Mardika, maka solusinya hanya kita minta dibangun lagi satu unit pasar baru,” ungkap Rahakbauw.

Apalagi kata Rahakbauw, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam kunjungan ke Maluku beberapa waktu lalu telah bersedia menambah satu unit pasar baru.

Kesediaan Mendag tersebut harus ditindaklanjuti dengan usulan dari pemerintah provinsi dan Kota Ambon, sebab tanpa adanya usulan tidak mungkin janji ini ditindaklanjuti.

Baca Juga: Rekam Orang Sedang Mandi, Pemuda Ini Dituntut 4 Tahun Penjara

Untuk itu, pemprov dan Pemkot Ambon didesak untuk segera berkoordinasi menyiapkan proposal pengusulan pasar baru, agar dalam waktu dekat diserahkan langsung ke Kementerian Perdagangan.

“Kemarin sudah dijanjikan oleh Pak Mendag jadi ini peluang baik untuk kita usulkan. Apakah nanti dibangun di lokasi lorong tahu atau atau di terminal A1, nanti kita lihat, tapi mesti ada usulan,” ucap Rahakbauw.

Politisi Golkar ini pun memastikan, dalam agenda penyampaian aspirasi pekan depan, Komisi III akan menyambangi Kementerian Perdagangan untuk memperjuangkan usulan tersebut.

“Nanti ada rakornis, sebab ditakutkan nanti ada lempar tanggung jawab antara Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan, jadi kita totalitas untuk memperjuangkannya,” janji Rahakbauw.(S-20)