AMBON, Siwalimanews – Komisi I DPRD Provinsi Maluku memberikan apresiasi terhadap kinerja aparat keamanan, baik TNI maupun Polri yang telah sukses mengamankan jalannya perayaan Natal di seluruh wilayah Maluku.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Maluku Michael Tasane kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (28/12) mengatakan, suksesnya perayaan Natal sangat tergantung dari tingkat keamanan ditengah-tengah masyarakat yang sejauh ini telah berhasil dikendalikan oleh TNI dan Polri.

“TNI dan Polri telah memainkan peran yang strategis dalam memberikan rasa aman sejak malam persiapan Natal hingga perayaan selesai dilakukan, maka sebagai pimpinan komisi yang bermitra dengan kepolisian dan TNI, maka kita harus apresiasi sikap kapolda dan pangdam,” ujar Tasane.

Menurut Tasane, TNI dan Polri telah memberikan pelayanan yang maksimal untuk mengamankan perayaan Natal dengan menerjunkan ribuan personel ditempat-tempat peribadatan maupun di lingkungan masyarakat, sehingga memastikan ruang gerak pihak-pihak yang ingin mengacaukan perayaan Natal menjadi sempit.

Bahkan, jika perayaan Natal berjalan dengan aman, maka tidak lepas dari peranan intelijen yang telah bekerja secara maksimal dalam mencegah potensi konflik ditengah masyarakat, karena itu peranan intelijen yang sama harus tetap dijalankan.

Baca Juga: Pemprov Diminta Kawal Pengusulan AM Sangadji Jadi Pahlawan Nasional

Apalagi menyambut pergantian tahun, seluruh stakeholder baik TNI, Polri, pemda dan tokoh masyarakat harus terus menjaga kondusifitas ditengah masyarakat, agar wilayah Maluku dapat terbebas dari konflik maupun benturan yang biasanya terjadi menjelang akhir tahun dan awal tahun.

“Kita berharap keamanan yang telah ada saat ini terus terjaga dan tentunya membutuhkan topangan dan dukungan seluruh stakeholder di Maluku,” ucap Tasane.(S-20)