NAMLEA, Siwalimanews –  DPRD Kabupaten Buru mengapresiasi langkah Polres Buru dan jajarannya dibawa pimpinan AKBP Sulastri selaku Kapolres  Buru dalam menjaga pemilu ditahun ini, sehingga berjalan aman, damai dan kondusif.

”Saya juga ajak seluruh masyarakat di Kabupaten Buru, diminta agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, pasca pesta demokrasi yang dilaksanakan, Rabu (14/2) kemarin,” Ketua DPRD Buru M Rum Soplestuny kepada wartawan di Namlea, Kamis (7/3).

Rum menilai, pemilu yang berlangsung di Kabupaten Buru berjalan aman dan damai. Ini menunjukkan kemajuan demokrasi yang semakin membaik.

Upaya ini, tidak lepas dari peran Polres Buru dalam mengamankan pesta demokrasi lewat operasi nusantara cooling system.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Ibu Sulastri selaku Kapolres Buru dan jajaran atas upaya keras yang tak kenal lelah menjalankan tugas menjaga keamanan selama pelaksanaan pemilu, sehingga aman dan damai,” ucap Rum.

Baca Juga: Polda Maluku Sosialisasi Peraturan Kapolri

Kendati sempat terjadi riak-riak kecil saat berlangsung penghitungan suara di TPS, termasuk pelemparan rumah Ketua PPK Waelata menurut Rum, riak-riak itu dapat diselesaikan dengan mediasi damai serta ikut campur tangan Kapolres yang langsung bertemu dengan masyarakat di lapangan.

Dalam menjaga persatuan dan kesatuan adalah implementasi dari nilai-nilai dasar dan ideologi negara yakni Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai konstitusi Negara serta NKRI sebagai bentuk negara dan semboyan negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

“Seluruh pihak harus tetap menjaga kerukunan, kondusifitas dan persatuan. Pemilu yang telah berjalan lancar, aman dan damai ini adalah wujud kemajuan demokrasi kita di Buru,” tandas Rum.(S-15)