BULA, Siwalimanews – DPD Partai Golkar Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar, jalan sehat mulai dari sekretariat Golkar Jalan A.R Unawekal sampai dengan titik lokasi untuk senam di Pasar Bula jalan pantai Roleks.

Jalan sehat yang dipimpin oleh Ketua DPD Golkar SBT Agil Rumakat, diikuti oleh seluruh pengurus DPD Partai Golkar SBT dan masyarakat Kota Bula dengan menggunakan atribut kuning ini untuk memperingati hari lahir partai Golkar yang k -58.

Jalan sehat yang tergolong dalam event bertaraf nasional ini, merupakan arahan langsung dari DPP Golkar yang diketuai Airlangga Hartarto kepada tiap DPD Provinsi maupun kabupaten/kota. Sehingga tepat, Minggu (16/10) partai Golkar di Maluku menggelar jalan sehat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar SBT Agil Rumakat pada saat menyampaikan pesan singkatnya di lokasi titik senam, Minggu (16/10).

Ia juga menyampaikan rasa syukur dalam sela-sela sambutan HUT Golkar Ke-58.

Baca Juga: Deklarasi ANIES-AHY dari Ambon untuk Indonesia

“Saya bersyukur hari ini tidak terasa Partai Golkar sudah berada di usia ke-58,” Ungkap Rumakat.

Dikatakan, kegiatan yang berlansung sejak pukul 06.30 WIT hingga selesai ini. DPD Partai Golkar telah mempersiapkan berbagai doorprize bagi masyarakat yang berpartisipasi.

Selain doorprize, panitia juga menyiap­kan maupun vocher belanja gratis sebanyak 250 vocher dengan masing-masing vocher bernilai Rp50 Ribu.

“Semua ini diatur oleh panitia HUT Golkar yang diketuai oleh Indra Aldiyan­syah, Sekretaris Panitia Mulyadi dan bendahara panitia HUT Golkar Ibrahim Kwairumaratu serta seluruh pengurus DPD Partai Golkar,”Ungkapnya.

Rumakat juga mengapresiasi adanya partisipasi masyarakat dalam menun­jukan kecintaan terhadap partai Golkar dengan cara mengikuti jalan sehat dengan menggunakan atribut kuning. Sehingga sangat memberikan nuansa kuning, sesuai ciri khas warna Golkar.

Sebelum menutup sambutan singkat, Ia menyampaikan bahwa Bupati SBT tidak hadir dalam mengikuti agenda jalan sehat lantaran juga telah mengikuti kegiatan partai Golkar di Provinsi.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Golkar ke-58, Indra Aldiyansyah meng­ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus DPD Partai Golkar yang telah dengan sungguh-sungguh bekerja, sehingga acara HUT Ke-58 dapat berjalan dengan baik sampai dengan selesai.

Ia juga berharap, agar HUT Partai Golkar yang ke-58 ini dengan adanya berbagai doorprize dan vocher belanja gratis ini bermanfaat bagi masyarakat SBT.

Optimis Menang

Partai Golkar optimis tetap memenang­kan pemilu legislatif dan menang pemihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Buru.

Rasa optimis tetap menang pileg dan menang Pilkada Tahun 2024 nanti itu disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Buru, Muh Rum Soplestuny saat melepas peserta jalan santai , di Namlea pada Minggu pagi (16/10).

Dalam sambutan singkatnya sebelum melepas peserta jalan sehat, Rum Soplestuny mengatakan, bahwa acara ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini atas perintah  DPP Partai Golkar dan harus dijalankan.

Bila pada hari ini terlihat sedikit peserta, lanjut Rum, itu karena DPD PG Buru  tidak berencana mengundang selu­ruh pengurus dari tingkatan kecamatan sampai di desa, termasuk simpatisan juga pendukung.

‘Acara hari ini cuma sebatas pengurus DPD PG, sebab perintah dari DPP PG juga agak mepet. Mereka memerintahkan kita untuk melakukan acara jalan sehat, dalam rangka memeriahkan HUT ke-58 PG,” jelas Rum.

Dalam Rangkaian HUT PG  ada banyak kegiatan. Namun di acara jalan sehat ini hanya diikuti sekitar 100 peserta.

Usai jalan santai dilanjutkan kegiatan  zoom peserta dengan DPP PG. Rum juga menginformasikan kalau DPD PG  juga akan mengikuti rangkaian kegiatan HUT PG di Jakarta mulai dari tanggal 20 hingga 22 Oktober nanti.

“Seluruh fraksi PG DPRD akan ikut perayaan HUT sekaligus mengikuti bimbingan teknis (Bintek) oleh DPP PG,” tutur Rum.

Meskipun jalan sehat hari ini terkesan mendadak, tapi semua bisa hadir dan terus bersama-sama.”Itu membuktikan Golkar tetap jaya,”optimisme Rum.

“Insya Allah ke depan di tahun 2024, baik itu legislatif maupun pilkada Golkar tetap pasti menang. Kita tetap optimis. Kita percaya diri bahwa Golkar akan menang,” tuturnya.

Rum mengutip, dan menyentil hasil survey yang dirilis oleh beberapa lembaga survey.

Dukungan dan cinta masyarakat kepada partai Golkar masih kuat.

Meskipun sistim sekarang dipimpin oleh eksekutif, bukan dari kader Golkar tapi diyakininya, bahwa kekuasaan dan sistim itu  tidak bertahan lama.

“Semuanya semu dan akan ada pergantian waktu, baik itu pergantian gubernur di bulan September tahun 2023 nanti, serta penjabat bupati juga akan dievaluasi setiap tahunnya,” lanjut Rum.

Dalam perjalanan kepemimpinan di Kabupaten Buru, fraksi PG juga selalu mengingatkan bahwa penjabat bupati, adakah pembina partai politik. Tidak boleh sorong kiri atau dorong kanan dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah sampai sekarang penjabat bupati menunjukan kenetralan­nya. Beliau juga netral pada posisi membina parpol yang ada,”puji Rum.

Rum yakini, kalau Djalaluddin Salam­pessy tidak melihat atau cenderung ke parpol tertentu.

“Selama Beta sebagai ketua DPRD, Beta jalan dengan pak penjabat bupati , tetap aman-aman. Beliau selalu membuka ruang kepada partai Golkar,”puji Rum.

Kegiatan jalan santai diawali dengan pencanangan gerakan cinta lingkungan oleh Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Kabupaten Buru.

Istri Ketua DPD PG Buru, Ny Rina Sa­lampessy yang juga Ketua IIPG di sela kegiatan itu mengajak, keluarga besar Golkar di Kabupaten Buru untuk melakukan upaya gerakan Golkar cinta lingkungan.

Ia menjelaskan, kalau di Kota Namlea sudah banyak tempat pembuangan sampah sementara yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Namun masih ada sebagian warga yang tidak sadar akan kebersihan lingkungan.

Sampah yang paling banyak dibuang sembarangan oleh warga adalah sampah plastik. Sampah plastik ini bila dibuang sembarangan akan mencemari lingkungan dan dampaknya akan dirasakan 20-30 tahun yang akan datang, termasuk mengganggu kesuburan tanah.

Warga Golkar turut digugah untuk membiasakan membawa botol air dari rumah .

Dalam kesempatan itu, Ny Salampessy secara simbolis menyerahkan tiga botol air minum kepada ibu-ibu peserta jalan santai.

Usai jalan santai mengitari kota Namlea atas, peserta lanjutksn dengan kegiatan senam aerobik yang dipandu Mace Ternate. Sesudah itu baru dilanjutkan dengan tatap muka lewat daring dengan pengurus DPP PG. (S-15)