AMBON, Siwalimanews – DPD Forum Pemberdayaan Perem­puan Indonesia (FPPI) Provinsi Maluku, mengharumkan, nama Maluku di ajang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V FPPI, dengan menerima 2 penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat FPPI.

Dua penghargaan tersebut, yakni partisipasi FPPI Maluku dalam meles­tarikan budaya nasional dengan melaku­kan kampanye kebaya goes to Unesco, yang dilakukan di daerah, serta busana daerah terbaik yang diterima Novita Tumalang saat kegiatan Rakernas berlangsung tanggal 14-16 Oktober di Gedung Mandala Bakti Wanitatama Jogjakarta.

Penghargaan melestarikan budaya nasional dengan kampanye kebaya goes to Unesco diserahkan langsung Ketua Umum FPPI Marlinda Poernomo dan diterima Haedy Nikijuluw yang diberi­kan mandat oleh Ketua DPD FPPI Maluku, Vonny Litamahuputty yang tidak ber­kesempatan hadir.

Sementara Novita Tumalang juga menerima penghargaan berbusana daerah terbaik dari DPP yang diserah­kan Sekjen FPPI Dyah Eko Seryowati.

Sekretaris DPD FPPI Maluku disela-sela kegiatan Rakernas mengatakan, penghargaan yang diterima itu dipe­rsembahkan kepada semua perempuan di Maluku.

Baca Juga: DPRD Dorong Dibangunnya Akses Masuk Perumahan

Menurutnya, ini bukti bahwa perem­puan-perempuan Maluku mempunyai kontribusi yang besar dalam melesta­rikan dan memperkaya budaya nasional dengan tidak melupakan budaya daerah di era globalisasi saat ini, yang cende­rung menimbulkan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih modern.

Apalagi, di era modern ini masyarakat cenderung untuk memilih kebudayaan baru yang dinilai lebih praktis diban­dingkan dengan budaya lokal.

Oleh sebab itu, FPPI secara nasional telah berkomitmen untuk terus meng­kampanyekan dan melestarikan warisan budaya daerah maupun nasional.

Rakernas FPPI V di Jogjakarta ini dibuka oleh Ketua Umum Kongres Wa­nita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wigoyogo, didampingi Ketua Umum FPPI Marlinda Poernomo dan Kepala BKKBN Pusat Dr.Hasto Wardoyo.

Dilanjutkan dengan sambutan secara daring Menteri Pemberdayaan Perem­puan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dilanjutkan dengan sambutan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.Peserta Rakernas juga mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilakukan secara daring oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Agenda rapat kerja membahas dan melakukan evaluasi terhadap program kerja FPPI di 34 daerah, diawali dengan ceramah oleh Ibu Arzeti Bilbina dan penyerahan penghargaan dan hadiah bagi pegiat stunting, serta ceramah dari BNNP Jogjakarta. (S-05)