AMBON, Siwalimanews – Seluruh kader Golkar di semua tingkatan, diperintahkan untuk bekerja keras agar kelak bisa merebut jabatan Gubernur Maluku dari tangan Murad Ismail.

Perintah itu langsung dikuman­dangkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, di ha­dapan seluruh fungsionaris dan kader partai berlambang beringin, di Swissbel Hotel, Senin (4/10) siang.

Menteri Koordinator Bidang Per­eko­nomian itu juga mengins­truksi­kan agar seluruh fungsionaris, kader dan simpatisan Golkar untuk meng­embalikan kembali kejayaan partai berlambang pohon beringin ini, dengan  cara memenangkan setiap agenda politik baik itu pemilihan umum, pemilihan presiden maupun pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang.

Permintaan Airlangga itu jelas bukan tanpa alasan, karena Maluku adalah satu dari dua provinsi yang tidak meloloskan jagonya ke Senayan tahun 2019 lalu. Karenanya dia meminta semua elemen Golkar bekerja ekstra keras, agar pileg mendatang kembali ada wakilnya.

Selain itu, Airlangga mengaku prihatin karena Maluku yang kala itu gubernurnya dari Golkar, tetapi diambil oleh partai lain. Karenanya, untuk mengembalikan kejayaan Golkar di Maluku, lanjut Airlangga, maka konsolidasi wajib dilakukan oleh DPD pada semua tingkatan.

Baca Juga: Dokumen Pengusulan PAW Hentihu Belum Lengkap

“Artinya tidak boleh ada kader yang diremut atau dikendalikan oleh orang lain, karena Golkar adalah partai politik bukan tukang ojek yang (bisa) diremut,” ujarnya.

Menurut Airlangga, perintah ini semestinya dilaksanakan oleh seluruh kader, untuk kemenangan Partai Golkar pada tahun 2024.

“Kita tidak mau repot di 2024 karena Golkar ingin menang di 2024 dan mari bung rebut kembali keja­yaan Golkar di Maluku,” tegas Airlangga.

Dijelaskan, Golkar Maluku telah men­jalankan Rapimnas seperti pe­masangan billboard dan baliho dan sosialisasi, tetapi dalam hal konso­lidasi, masih ada kader saling ribut yang harus diselesaikan sebab tidak ada waktu bagi Golkar untuk itu.

“Pimpinan DPD harus patuh pada hasil Munas maka harus tegak lurus sampai 2024, artinya sekarang bu­kan waktunya berdiskusi atau men­jadi pengamat politik, melainkan pelaku politik dan jadikan dari pelaku politik untuk membuat sejarah di tahun 2024,” tegasnya.

Dia mengakui, Partai Golkar me­mang selalu menjadi pemenang dalam perhelatan politik, tapi 20 tahun belakangan selalu menjadi runner up, karenanya sudah saat­nya untuk membuktikan sebagai pe­menang utama. “Karenanya harus ada kerja keras, konsolidasi dan harus menggunakan seluruh potensi yang ada agar Golkar menang.” tandasnya.

Apalagi, dalam agenda pemilu nanti waktu kampanye hanya tiga bulan, sehingga tidak cukup waktu untuk berkampanye dengan Maluku yang begitu luas maka tidak ada pilihan lain selain berkerja keras sejak awal.

”Sekarang program tree on one, menang pemilu presiden, pemilu legislatif dan menang pilkada maka kembalikan kemenangan dan keja­yaan Golkar di Maluku,” cetusnya.

Rekomendasi Rapimda

Sebelumnya, Rapimda Partai Golkar Maluku yang dilaksanakan akhir bulan lalu, telah merekomendasikan sejumlah nama untuk diterjunkan pada Pilkada Maluku 2024.

Dalam sambutannya sat membuka Rapimda, Ramly Umasugi mengatakan, partai Golkar Maluku telah bertekad untuk merebut kembali kursi Gubernur Maluku. Untuk itu, Golkar terbuka kepada siapapun yang ingin mencalonkan diri dari Golkar.

Ramli lalu menyebut sejumlah nama seperti Hamzah Sangadji, Jeffry Rahawarin, Febry Calvin Tetelepta Said Assagaf dan Mukti Keliobas.

Menurutnya, siapapun dapat mencalonkan diri melalui Partai Golkar, namun tentunya harus berdasarkan hasil survei. “Siapa­pun boleh calon, tinggal sosiali­sasi dan lakukan survei,” tegasnya.

Kendati Golkar belum memiliki calon yang pasti namun Partai Golkar terus melakukan sosialisasi guna meningkatkan elektabilitas kader, sehingga ketika Pilgub, Golkar tidak tiba saat tiba akal melainkan calon yang dijual Golkar dapat memperoleh kemenangan.

Kunjungan Kerja

Airlangga Hartarto yang mela­kukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku, Senin (34/10), datang bersama

Menteri Perindustrian Agus Gumi­wang Kartasasmita, dan sejumlah pejabat Kemenko Bidang Perekono­mian. Tiba Bandara Pattimura pukul 11.30 WIT, Airlangga disambut Gu­bernur Maluku Murad Ismail, Pang­dam XVI Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan, Ketua Peme­nangan Pemilu Wilayah Papua dan Papua Barat DPP Partai Golkar Azis Samual, Ketua Golkar Maluku Ramly Umasugi, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan sejumlah peti­nggi Golkar Maluku.

Kedatangan Airlangga ke Maluku dalam rangka kunjungan kerja selama sehari.

Dari Bandara, Menko Perekono­mian kemudian bertolak menuju RSUP dr J Leimina dan berdialog bersama pimpinan dan jajaran RSUP serta pemberian apresiasi kepada tenaga kesehatan di RSUP Leimina.

Usai dari RSUP Menko Pereko­nomian dan rombongan kemudian menuju ke Tribun Lapangan Mer­-­deka Ambon, untuk meninjau lo­-kasi vaksinasi yang dilaksana­kan Peme­rintah Kota Ambon. (S-50)