AMBON, Siwalimanews – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Ditjen KN) Kementerian Keuangan, akan melaksanakan acara Gebyar Lelang Produk UMKM tahun 2022.

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyongsong 114 tahun Lelang Indonesia ini akan dilaksanakan pada 24 Maret, dimana Ditjen KN bersinergi dengan perbankan dan instansi terkait dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat serta insan lelang Indonesia melalui kegiatan ini.

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon Iwan Victor Leonardo Sitindaon mengaku, pihaknya menyambut gembira kegiatan gebyar lelang UMKM tersebut, untuk itu kepada seluruh masyarakat Maluku diminta untuk bersama-sama bersinergi membangkitkan pelaku UMKM sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional melalui lelang Indonesia.

“Saya juga mohon dukungan agar KPKNL Ambon dapat meraih predikat zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK), serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di tahun ini,” pinta Iwan

Kegiatan ini kata Iwan, akan dilaksanakan serentak secara nasional pada, Kamis (24/3) yang turut melibatkan UMKM binaan perbankan dan instansi terkait dalam wilayah kerja KPKNL setempat.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi di SBB Masih Rendah

“KPKNL Ambon sebagai salah satu kantor vertikal yang berlokasi di wilayah Maluku turut serta memeriahkan kegiatan ini dengan melaksanakan lelang produk UMKM Maluku, khususnya Ambon dengan obyek lelang tersebut adalah, produk dari UMKM binaan perbankan dan instansi terkait di wilayah Ambon,” tuturnya.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut menurut Iwan, KPKNL Ambon menjadi salah satu Kantor Pelayanan di Ditjen KN yang mendapatkan kesempatan dikunjungi oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan Rionald Silaban secara virtual untuk melihat kegiatan lelang UMKM di KPKNL Ambon.

Diharapkan dengan kegiatan, produk UMKM juga dapat lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang menyaksikan acara Gebyar Lelang UMKM Tahun 2022.

Hal tersebut juga didukung oleh pelaku UMKM di wilayah Maluku, khususnya Ambon menyambut baik acara yang dilakukan oleh KPKNL Ambon, sehingga terdapat beberapa UMKM yang turut serta melakukan penjualan produknya melalui kegiatan ini.

“Pelaksanaan lelang sudah melalui internet di laman www.lelang.go.id yang semakin memudahkan masyarakat untuk mengikuti lelang. Berbagai produk UMKM dilelang pada kegiatan ini yang tentunya merupakan produk ciri khas dari Wilayah Maluku,” ucapnya.

Lelang UMKM KPKNL Ambon tahun 2022 lanjut Iwan, memiliki slogan Nikmati Citarasa Maluku Yang Tak Terlupakan. Dimana produk UMKM yang dilelang tersebut yaitu Sambal Cakalang, Sambal Roa, Sambal Ikan Teri, Sambal Ikan Asin, Rujak Natsepa, Abon Ikan Cakalang, Dendeng Ikan Cakalang, Kayu Manis Bubuk Maluku, Kayu Manis Batang Maluku, Hiasan Lukisan Dinding dari Kerang yang dijual dengan berbagai bentuk dan ukuran, Kain Tenun Ambon yang dijual dalam bentuk lembaran kain, selendang, dasi dan tas, berbagai perhiasan besi putih khas Maluku, dan berbagai macam kerajinan tangan khas Ambon yang terbuat dari daun lontar, batok kelapa, pelepah kelapa, biji-bijian kering dan sebagainya.

Kegiatan ini khususnya lelang UMKM KPKNL Ambon, tentunya mempunyai tujuan untuk bersama-sama memulihkan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia, khususnya UMKM yang terdampak pandemi.

Selain itu, kegiatan lelang juga memberikan kontribusi kepada negara berupa bea lelang dengan nilai bea lelang penjual sebesar 1,5% dari harga lelang dan bea lelang pembeli 2% dari harga lelang.

“Olehnya itu bea lelang ini sepenuhnya akan disetor ke kas negara sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP), yang nantinya akan digunakan untuk mendukung pembangunan negeri tercinta,” jelasnya. (S-21)