AMBON, Siwalimanews – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, sudah mulai menyeleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka, yang akan bertugas pada upacara pengibaran bendera pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 di Istana Merdeka Jakarta pada bulan Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Richard Luhukay kepada Wartawan, di Balai Kota, Selasa (21/3) menuturkan, dari 197 pendaftar yang mengikuti tahapan seleksi hingga tahap akademik kemarin, kini tersisa kurang lebih 30 calon paskibra.

“Kurang lebih yang daftar secara online dan daftar registrasi kita itu ada 197 siswa da siswi dan hasil seleksi tahap awal yang lolos secara online dan offline itu ada 67 orang, terdiri dari 3 laki-laki dan 24 perempuan. Dari jumlah itu, 1 perempuan mundur karena sakit, jadi tersisa 66 orang dan hasil tes akademik, itu ada sekitar 30 lebih, saya belum liat datanya, yang lolos,”jelasnya.

Luhukay mengatakan, bahwa dalam seleksi ini, dilakukan dalam dua tahap yakni seleksi tingkat sekolah, yang mana saat itu, pada 6 Maret kemarin, diikuti oleh 19 sekolah tingkat SMA/SMK/Sederajat. Kemudian masuk tahapan berikutnya yang berkaitan dengan peraturan baris berbaris, dan disambung dengan tahapan akdemik.

Untuk proses selanjutnya, peserta seleksi akan mengikuti tes dan hasilnya akan diterima secara online maupun offline. Pada seleksi ini, dimana sistem  perekrutan atau registrasi, dilakukan dengan dua cara, yaitu, online maupun offline. Hal itu untuk memastikan, misalnya, soal tinggi badan peserta, yang secara online disebutkan 175, maka secara offlinenya, akan dikonfirmasi dengan melakukan pengukuran langsung.

Baca Juga: DPRD Beri Batas Waktu bagi Kontraktor Tuntaskan Mess Maluku

“Jadi kita harus bikin sesuatu yang terbaik, karena tentunya kita mau mengirim  potensi-potensi  yang tepat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan,”jelasnya.

Ia menambahkan, tahun ini terkahir proses seleksi dilaksanakan oleh Dispora Kota Ambon, sebab ditahun depan dan seterusnya akan dilaksanakan oleh Kesbang Pol. (S-25)