PIRU, Siwalimanews – Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten SBB menggelar pelatihan tenaga keolahragaan, khusus untuk wasit dan juri pada olahraga sepak bola.

Kegiatan yang dipusatkan di Amboina Hotel, Kota Piru, Kamis (9/12), merupakan kegiatan tahunan Dispora SBB yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan SDM bagi tenaga keolahragaan, khususnya olahraga sepak bola.

Selain itu juga kegiatan ini, untuk  memberikan bekal kepada para calon wasit dan juri agar dapat memimpin pertandingan dengan baik, di tingkat kecamatan maupun kabupaten, dengan menyasar pada penguatan kapasitas wasit dan juri yang terlatih dan kompetitif.

Bupati SBB Timotius Akerina dalam sambutannya yang dibacaka Asiten I Sulaiman Kibas sekaligus membuka kegiatan itu mengatakan, sepak bola menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari di tanah air, khususnya di SBB, dengan antusias penonton yang juga tidak kalah menariknya.

Hal tersebut secara tidak langsung memperlihatkan permainan si kulit bulat ini menjadi salah satu olahraga yang bisa menarik hati masyarakat.

Baca Juga: Dinkes Harus Intens Sosialisasi AIDS

“Untuk itu sepakbola bukan sekadar olahraga yang bisa menyegarkan badan, tetapi turut mempersatukan bangsa,” tandas Bupati.

Di Indonesia kata Bupati, walaupun sepakbola menjadi olahraga yang sangat-sangat diminati oleh masyarakat, namun perlu dibenahi, baik secara internal organisasi maupun eksternal.

“Wasit dan juri notabene memiliki peranan vital dalam suatu pertandingan, sehingga mereka harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pengambilan keputusan secara tegas, tepat dan meyakinkan,” ucapnya.

Dalam memandang realitas ini, maka Bupati berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan wasit dan juri ini dapat sungguh-sungguh memahami tiap materi yang disampaikan para instruktur, agar kedepan dapat berkompeten dan memberikan kontribusi yang positif demi pengembangan tenaga keolahragaan wasit dan juri.

“Dengan pelatihan wasit dan juri ini, maka akan semakin besar pula kesempatan para peserta pelatihan di SBB ini untuk meraih prestasi,” harap Bupati. (S-48)