CLOSE AD

Dispar Himbau Warga Jaga Lokasi Wisata

AMBON, Siwalimanews – Dinas Parawisata (Dispar) Kota Ambon menghimbau masyarakat, untuk tetap menjaga lokasi wisata, terutama menjaga jarak sesuai dengan himbauan dari pemerintah.

Tujuan ke lokasi-lokasi wisata khususnya pantai baik di Latuhalat, Air Salobar dan sebagainya, adalah upaya untuk menjaga imun tubuh ditengah kondisi Covid-19. Tetapi himbauan pemerintah untuk tetap menjaga jarak

Kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (8/4) tujuan warga ketempat wisata ini untuk mandi air asin dengan pemahaman bahwa, akan menghilangkan corona dari corona. Nyatanya tidak seperti itu, sebab itu hanya berfungsi untuk menaikan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh.

“Mereka ini tujuan datang untuk mandi air asin itu untuk menghindarkan diri dari ancaman corona. Namun sebenarnya kenyataannya itu mandi air laut hanya untuk menguatkan sistem imun tubuh,” jelas Munaware Hayat kepada Siwalima melalui telephone seluler Rabu (8/4).

Hayat menjelaskan, pihaknya tidak bisa melakukan penertiban kepada masyarakat, tetapi dihimbau untuk tetap menjaga lokasi wisata, dan yang paling terpenting baiknya masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, karena ternyata ke lokasi wisata juga terlihat banyak orang.

“Memang benar menurut dokter berendam dalam air laut dapat meningkatkan kekebalan tubuh, untuk menangkal penyebaran virus corona. Namun apabila keadaan sekarang dimana Kota Ambon juga merupakan pandemi, hal ini sangat tidak di anjurkan karena apabila berada dalam air laut bisa saja penyebaran itu terjadi karena tidak ada physical distancing,” ujarnya.

Karena itu, Dispar akan melakukan koordinasi dengan tim gugus Kota Ambon untuk melakukan  penertiban terhadap masyarakat yang berduyung-duyung menuju ke lokasi wisata untuk mandi, tanpa memperhatikan himbauan pemerintah.

Menurutnya, untuk menertibkan masyarakat bukanlah kewenangan Dispar, tetapi tim gugus.

“Gugus tugas ini kan kita terpadu didalamnya ada parawisata, ada juga pamong praja, ada juga damkar, ada juga lingkungan hidup, maupun ada juga, tanggap darurat dari kita punya teknis, juga ada Kapolres ada semua. Jadi memang himbauan itu sudah kita kasih keluar, tapi tanggung jawab untuk mengantisipasi, itu pihak yang berwajib seperti itu kepolisian itu dia punya tugas. Jadi saat ini saya akan memberitahukan dan kita akan segera tindak lanjuti,” katanya.

Hayat menghimbau, agar masyarakat dapat bekerja sama dalam menjalankan seluruh kebijakan pemerintah yang telah di keluarkan, serta memiliki kesadaran yang tinggi agar tidak merugikan diri sendiri. “Untuk itu saya himbau kepada masyarakat mari kerjasama dengan pemerintah untuk memutuskan penyebaran virus corona di Kota Ambon. Yang terpenting adalah kesadaran masyarakat agar tidak merugikan diri sendiri, sebab pemerintah telah berupaya untuk menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari virus tersebut,” himbaunya. (Mg-6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *