AMBON, Siwalimanews – Dinas Perhubungan (Dishub) akan koordinasi  dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah speedboat di Mardika.

Hal ini diungkapkan Kepala Dishub Kota Ambon, Roby Sapulette menjawab permintaan dari operator speedboat.

“Nanti kita akan bicarakan dengan BPBD untuk dilakukan penyemprotan,” jelas Sapulette kepada Siwalima, pekan lalu  melalui telepon selulernya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Ambon, Demy Paays ketika dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (31/3) mengungkapkan, untuk penyemprotan  di speedboat sudah masuk dalam agenda kerja timnya. Hanya saja sampai hari ini belum ada koordinasi dari Kadishib sehingga belum dapat mengambil langkah apapun.

“Sebenarnya hal ini merupakan agenda yang sudah lama kami jadwalkan, namun hingga hari ini, Kadishub belum menghubungi kami sehingga memang belum dapat berjalan,” tandasnya.

Baca Juga: Jasad ABK KM Sanjaya 33 Ditemukan

Menurutnya, apa yang dilakukan timnya sesuai dengan permintaan masyarakat, mengingat ini merupakan permintaan operator speedboat tentu saja akan dilaksanakan namun tetap harus dikoordinasikan dulu dengan perhubungan  agar dapat berjalan sesuai dengan aturan.

“Tapi kalau itu yang diminta para pengemudi, tinggal pak Roby koordinasi saja kami tetap siap. Hanya saja sampai saat ini Pak Robby belum koordinasi, mungkin beliau sibuk. Mengingat kami lakukan ini sesuai dengan permintaan masyarakat,” jelasnya.

Menutup wawancara tersebut, Paays mengungkapkan tidak ada masalah apabila harus melakukan penyemprotan, pihaknya akan tetap melaksanakan, yang terpenting baginya adalah koordinasi yang baik dari Kadishub agar dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

“Tidak ada masalah ini sudah berjalan, tapi kalau pak Roby sudah koordinasi baru katong tindak lanjuti. Jadi ini sebenarnya tunggu koordinasi dari pak Roby untuk ditindak lanjuti saja,” tegasnya.

Minta Pemda Semprot

Seperti  diberitakan sebelumnya,  mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona, operator  Speedboat minta kepada Pemerintah Kota Ambon untuk melakukan penyemprotan Disinfektan pada area Pelabuhan Mardika.

Rijali, salah satu pengemudi speedboat meminta, Pemkot Ambon tidak hanya melakukan penyemprotan pada lokasi tertentu seperti kawasan jalan raya, pasar tetapi  juga area pelabuhan Speedboat.

“Diterminal Mardika bisa dilakukan penyemprotan seharusnya pada kawasan ini juga harus dilakukan penyemprotan ,”jelasnya.

Menurutnya, peyemprotan harus dilakukan  dua kali mengingat, sistim shiff juga dilakukan  pada operator speedboat , sehingga pemerintah juga harus  melihat  hal  itu sebagai salah satu cara untuk mencegah virus corona. “Kami sangat ingin pemerintah membantu  kami  dalam melakukan penyemprotan,”katanya.

Edo salah operator  Speedboat  juga mengakui, ketika  munculnya wabah virus corona di Kota Ambon, penghasilan yang  didapatkan  sangat menurun drastis.

Kendasti demikian,   katanya, semua harus  dijalani  karena ini adalah keputusan dari Pemkot Ambon, dalam mencegah penyebaran virus  Covid 19. (Mg-6)