AMBON, Siwalimanews – Direktur Resesse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Maluku serta Kapolres Maluku Tengah diganti.

Dirkrimum sebelumnya dijabat oleh Kombes Sih Harno dimutasikan sebagai pamen Yanma polri dalam rangka evaluasi jabatan. Posisi yang ditinggalkan harno diisi oleh Kombes Andi Iskandar.

Sedangkan jabatan Kapolres Maluku Tengah sebelumnya dijabat oleh AKBP Rosita Umasugi dimutasikan sebagai Wakil Direktur Bina Masyarakat Polda Maluku digantikan oleh AKBP Abdul Gafur sesiai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/165-166/I/KEP/2022 tanggal 24 Januari 2022.

Mutasi dua jabatan ini tandai dengan serah terimah jabatan yang dipimpin Kapolda Maluku Irjen Lothatia Latif di Rupatama Polda Maluku, Senin (7/2)

Dalam arahannya, kapolda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kombes Harno atas dedikasinya selama ini yang telah membantu Polda Maluku menyelesaikan berbagai kasus menonjol. Sementara untuk Kombes Iskandar diminta untuk segera berkoordinasi dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan saat ini.

Baca Juga: Dana SMI tak Jelas, DPRD Harus Panggil Pemprov

“Terima kasih untuk pejabat lama karena telah membantu kita dalam penyelesaian kasus menonjol di Polda Maluku dan telah dapat menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di wilayah hukum Polda Maluku,” ujar Kapolda.

Sementara itu untuk pejabat yang baru, kapolda juga berpesan bahwa kedepan masih banyak kasus-kasus yang sangat menonjol yang perlu mendapat perhatian khusus dari Polri.

“Mari kita selesaikan secara bersama-sama,” pintanya.

Hal yang sama juga diungkapkan kepada AKBP Rositah Umasugi yang telah membantu Polda dalam mengatasi situasi dan keamanan di wilayah hukum Maluku Tengah.

Polsek Haruku

Sementara itu Iptu Julkisno Kaisupy juga resmi pimpin Kepolisian Sektor Haruku. Julkisno mengantikan AKP Subhan Amin. Jabatan yang ditinggalkan oleh Julkisno di Polsek Leihitu akan digantikan oleh AKP Hasanudin. Hasanudin saat ini menjabat sebagai Panit I Subdit I Ditresnarkoba Polda Maluku.

Mutasi jabatan tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Maluku Nomor ST/37/II/KEP/2022 tanggal 4 Februari 2022, yang ditandatangani Kepala Biro SDM Polda Maluku Kombes Denny Y Putro.

Sedangkan AKP Subhan yang sebelumnya Kapolsek Haruku dimutasikan sebagai Pejabat Sementara Kasat Samapta Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, sementara jabatan.

Selain jabatan Kapolsek Haruku, Kapolda juga merotasi sejumlah jabatan diantaranya, Kapolsek Kawasan Bandara Pattimura yang saat ini dijabat AKP Uspril W Futwembun akan digantikan oleh Iptu Jantje Serhalawan yang saat ini menjabat Pamin II Urmintu Subbag Renmin Ditresnarkoba Polda Maluku.

AKP Uspril diangkat dalam jabatan baru sebagai Penjabat Sementara Kabag Operasi Polres Pulau Buru. Selanjutnya jabatan Kabag Ops Polresta Pulau Ambon yang saat ini dijabat Kompol Florensius Teddy akan diganti oleh AKP Syarifuddin yang saat ini menjabat sebagai Kabagbinopsnal Ditsamapta Polda Maluku. Kompol Teddy diangkat dalam jabatan baru sebagai Penjabat Sementara Kabag Binopsnal Ditsamapta Polda Maluku. (S-10)