AMBON, Siwalimanews – Gelandangan dan pengemis di Kota Ambon, belakangan ini terlihat mulai berada di sejumlah titik, seperti sekitar jempatan penyeberangan orang  di Tantui, Jalan AY Patty, sejumlah lampu merah, dibawah JMP dan di depan pusat perbelanjaan Ambon Plaza serta beberapa titik di jalan protokol.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon Sirjhon Slarmanat yang dikonfirmasi wartawan, Selasa (16/1) mengaku, kedepan, pihaknya akan mengintensifkan kegiatan patroli terhadap para gepeng termasuk anak jalanan di Kota Ambon.

“Saya sudah intruksikan kepada petugas untuk intensifkan patroli terhadap keberadaan mereka,” ucapnya.

Menurutnya, selain patroli, pihaknya juga telah melakukan razia rutin. Bahkan pada, Senin (15/1) kemarin, ditemukan sebanyak 9 anak jalanan.

“Senin kemarin kita amankan ada 9 anak jalanan dan telah dilakukan pembinaan. Jadi memang mereka menempati area publik untuk meminta perhatian dan belas kasihan orang. Tapi setelah dikroscek, tidak semuanya warga Kota Ambon, ada beberapa yang dari daerah lain di Maluku,” ujarnya.

Baca Juga: Walikota: Pengelolaan Keuangan di Pemkot Masih Buruk

Guna meminimalisir jumlah gepeng dan anak jalanan di Kota Ambon kata Slarmanat, maka patroli dan razia akan sering dilakukan, sebab keberadaan mereka memang cukup menggangu kenyamanan warga di kota ini.

“Makanya kami intensifkan razia dan patroli untuk meminimlisir bertambahnya jumlah mereka,” janjinya. (S-25)