AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Turaya Samal minta agar Dinas Kelautan dan Perikanan untuk dapat memperbaiki kinerjanya.

Pasalnya, dalam proses pengawasan dan evaluasi yang dilakukan Komisi II, ada banyak OPD yang telah melakukan tugas dengan baik, namun ada juga yang perlu memperbaiki kinerjanya.

“Kalau berdasarkan evaluasi dan pengawasan, ada OPD yang mesti kita apresiasi tapi ada juga yang harus memperbaiki kinerja,” ungkap Samal kepada wartawan di Baileo Karang Panjang, Sabtu (21/8).

Salah satu OPD yang dikoreksi Komisi II, yakni Dinas Kalautan dan Perikanan, yang mana kinerja selama tahun 2020 dirasakan belum maksimal, sebab masih banyak masyarakat yang belum tersentuh dengan program pemberdayaan yang dialokasikan dinas tersebut.

“Ada beberapa OPD yang kita koreksi misalnya Dinas Perikanan, itu harus memperbaiki kinerja,” ucap Samal.

Baca Juga: Diduga Terjatuh, La Tole Tewas di Bawah JMP

Samal menegaskan, program-program dinas ini, baik yang dibiayai oleh APBD maupun APBN harus dirasakan oleh masyarakat, dalam rangka menekan tingkat kemiskinan di Maluku.

Apalagi, Maluku merupakan daerah dengan jumlah penduduknya lebih banyak berprofesi sebagai nelayan, yang membutuhkan sentuhan program pemberdayaan dari dinas ini.

“Kita minta diperbaiki kinerja mereka agar apa yang disampaikan lewat anggaran, baik APBD maupun APBN tepat sasaran dalam rangka menekan tingkat kemiskinan, karena OPD ini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tegasnya. (S-50)