Angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon mengalami peningkatkan signifikan dari total kasus 41, naik 100  persen.“Membludaknya angka terkonfirmasi yang terjadi di Kota Ambon dan semakin tak terkendalikan ini disebabkan arus mudik Idul Fitri.“Dibandingkan dengan waktu sebelum lebaran, angka terkonfirmasi di Kota Ambon cukup terkendali.

Untuk menekan peningkatan penyebaran virus Corona semakin meningkat, maka sudah selayaknya dan sewajarnya Pemerintah Kota Ambon menerapkan “Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.“Apalagi Kota Ambon awalnya berada di zona kuning dan sekarang balik ke zona orange.

Pemerintah Kota Ambon tidak boleh lengah dengan kondisi yang ada. PPKM skala mikro  merupakan strategi pencegahan covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat sehingga harus diikuti oleh semua daerah termasuk Kota Ambon agar penyebaran covid-19 dapat ditekan.“Pemerintah Kota Ambon harus dapat belajar dari daerah lain yang telah lebih dahulu menerapkan PPKM skala mikro guna menurunkan angka terkonfirmasi positif covid-19.“Sebab jika tidak maka covid-19 akan kembali membludak dan menjadi masalah besar bagi daerah ini, karena itu dengan adanya pemberlakuan PPKM skala mikro maka aktifitas masyarakat dapat dipantau dan ditekan.

Selain menerapkan PPKM skala Mikro Pemerintah  Ambon harus  tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada semua aspek perekonomian agar dapat menekan angka terkonfirmasi positif covid-19.“Masyarakat juga diharapkan untuk turut mendukung  dan membantu Pemerintah Kota Ambon dengan cara taati aturan protokol kesehatan dengan selalu menjalankan 4 M. Rajin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauh dari kerumunan.

Langkah taati protokol kesehatan ini penting disamping berbagai langkah lainnya sehingga upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 bisa dilakukan maksimal dan optimal. Pemerintah Kota Ambon tentu saja tidak bisa sendiri dalam melaksanakan upaya pencegahan itu tanpa dukungan dari masyarakat. Karena itu kesadaran untuk menaati protokol kesehatan dan menjalankannya merupakan kewajiban yang musti diterapkan kita bersama.“Hanya dengan cara inilah harapan kita bersama agar Ambon ini bisa berada di.zona kuning dan selanjutnya ke zona hijau bisa terwujud. Sehingga proses perekonomian masyarakat juga bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Kejar Juga Tersangka Lain

Kita berharap dengan langkah bersama ini antara Pemerintah Kota Ambon dan masyarakat untuk menekan penyebaran covid-19 akan terwujud. Ini harus dimulai dari kita sendiri. Dan kita masyarakat Kota Ambon pasti bisa. (*)