TIAKUR, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya memastikan akan membangun puskesmas lengkap dengan rumah dinas dokter di Desa Watuwei, Kecamatan Dawelor Dawera.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya Marthen Rahakbauw yang dikonfirmasi Siwalimanews di ruang kerjannya, Selasa (16/5) membenarkannya, bahkan pembangunan Puskesmas Watuwei disertai dengan rumah dinas akan dilaksanakan dalam tahun ini.

“Pembangunan Puskesmas Watuwei dan satu rumah dinas, sementara diproses. Dokumenya sudah ada di Inspektorat untuk lakukan evaluasi dokumen, setelah itu dibawa ke ULP untuk proses tender,” ungkap Rahakbauw.

Pembangunan puskesmas ini anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus tahun 2023 dengan nilai sekitar Rp8 miliar lebih. Selain itu, ada pula pembangunan sarana air bersih di Pulau Damer dan ini dokumenya juga sementara diproses.

Selanjutnya dalam tahun ini juga ada pengadaan tiga unit speed boat dan pembangunan IFK ditambah pengadaan alkes dan obat-obatan, proyek pengadaan ini juga menggunakan dana DAK.

Baca Juga: Sikteubun Kunci Pendaftaran Anggota DPD

“Kepada pihak ketiga yang akan mengerjakan proyek-proyek ini, kiranya dapat bekerja sesuai kontrak yang ada, sehingga pada waktunya semua pembangunan dan pengadaan dapat selesai sesuai kontraknya,” harap Rahakbauw. (Mg-2)