AMBON, Siwalimanews – Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A Dhewo meninjau kesiapan posko terpadu angkutan udara Lebaran di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Rabu(27/4).

“Pada kunjungan ini, saya ingin melihat langsung aktivitas calon pemudik di Bandara Internasional Pattimura, menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2022, serta meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Bandara Internasional Pattimura,” jelas Danlanud kepada wartawan disela-sela kunjungan tersebut.

Menurutnya, peninjauan  kali ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Bandara Internasional Pattimura dalam menyambut arus mudik lebaran tahun ini, dan memastikan pelaksanaan mudik berjalan dengan aman dan lancar.

Adapun aspek yang ditinjau Danlanud Pattimura selain sarana dan prasarana, juga mengecek kesiapan seluruh personel posko terpadu angkutan udara di Bandara Internasional Pattimura yang terdiri dari personel Lanud Pattimura, Angkasa Pura, KKP, Polsek Bandara dan Basarnas.

“Setelah diperbolehkannya mudik Lebaran tahun ini, dipastikan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang dibandingkan dengan hari biasa,” tandasnya.

Baca Juga: Jabatan Irwasda dan Dansat Brimob Bergeser

Diketahui dari data yang ada, bahwa frekuensi penerbangan dan penumpang di Bandara Internasional Pattimura beberapa hari yang lalu mengalami peningkatan, yakni pada hari Minggu 24 April  sebanyak 42 flight dengan penumpang 3.715 orang, Senin 25 April 41 flight dengan penumpang 2.643 orang dan selasa 26 April 44 flight dengan penumpang 3.418 orang, serta diperkirakan puncak arus libur lebaran pada Jumat 29 April  dengan penumpang lebih dari 4000an.

Untuk itu, pihaknya akan tetap fokus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan tetap terlaksana, sehingga pelaksanaan mudik lebaran tahun ini dapat berlangsung dengan aman dan sehat.

Layanan tambahan yang disiapkan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1443 H di Bandara Internasional Pattimura antara lain layanan PCR gratis bekerjasama dengan BTKLPP Ambon, vaksinasi gratis bekerjasama dengan Lanud Pattimura serta  mulai minggu ini diberlakukan pelayanan Bus Damri sebanyak 2 unit yang melayani perjalanan dari Bandara ke Kota Ambon dan sebaliknya.

Turut ikut bersama Danlanud dalam peninjauan tersebut, GM AP I Bandara Pattimura yang di wakili oleh Operation  Manager AP I Bandara Pattimura  Randy Mikael, Dansatpom Lanud Pattimura Mayor Pom Adi Firmandadi, Kapolsek Bandara Pattimura, Airport Duty Manager Bandara Pattimura, Bea dan Cukai Kota Ambon, Koordinator KKP Wilayah Kerja Bandara Pattimura, Perwakilan Personel Dinas Perhubungan Provinsi Maluku. (S-21)