AMBON, Siwalimanews – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal IX) Brigjen TNI (MAR) Said Latuconsina melalui tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX memberikan pelatihan Evakuasi Medis Laut kepada 160 mahasiswa prodi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pasapua Ambon bertempat di Mako Lantamal IX, Desa Halong. Sabtu (11/2).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan skill tenaga kesehatan dan sebagai bentuk mengaplikasikan dari visi misi stikes pasapua ambon “mence­tak tenaga kesehatan yang berwa­wasan gugus pulau”.

Kegiatan diawali dengan penge­nalan Chamber Hiperbarik Oksigen (HBO) di Rumkital F.X.Suhardjo Lantamal IX kemudian mahasiswa bergeser menuju dermaga beaching Lantamal IX Ambon untuk menda­patkan pengenalan tentang materi Evakuasi Medis Laut.

Adapun materi yang diajarkan pada kesempatan ini adalah perto­longan korban tenggelam perorang­an, pertolongan korban tenggelam secara tim, pengelolaan korban di PK, teknik mengapung (UITEMA­TE) dan resusitasi jantung paru.

Pada kesempatan tersebut Dan­lantamal IX juga memberikan pene­kanan terhadap para mahasiswa peserta latihan melalui Katim EML Kapten Laut (K) Agus Wijaya untuk selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan pada kegiatan latihan Evakuasi Medis Laut tersebut.

Baca Juga: Pemuda Jazirah Ancam Demo

Diharapkan pelatihan yang diberikan oleh Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Ambon dapat menjadi bekal yang nantinya apabila diperlukan pertolongan korban tenggelam dan mahasiswa memiliki keahlian di bidang kesehatan bahari serta dapat diaktualisasikan untuk melahirkan tenaga kesehatan ber­wawasan bahari yang mampu mene­rapkan prinsip-prinsip kesela­matan dan penyelamatan di laut. (S-07)