AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Ruslan Hurasan mengatakan, Kota Ambon terus mengalami penurunan yang berdampak pada angka penyebaran di Maluku. Karena itu kedelapan pemerintah Kota dan provinsi harus mengevaluasi kondisi kehidupan ekonomi masyarakat.

Hurasan menjelaskan, salah satu aspek yang mesti dievaluasi berkaitan dengan kondisi ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat adanya pendemi covid-19 sejak bulan Maret lalu hingga saat ini yakni menyalurkan stimulan bantuan kepada masyarakat.

Pemerintah daerah, katanya harus memastikan bantuan-bantuan stimulus bagi masyarakat dan segera disalurkan untuk memastikan kehidupan masyarakat secara baik.

“Bantuan-bantuan stimulus bagi masyarakat harus segera disalurkan untuk memastikan bahwa kehidupan masyarakat secara baik,” tuturnya kepada Siwalima Rabu (4/11).

Menurutnya, tujuan bantuan stimulan tersebut demi meningkatkan ekonomi yang berdampak pada kualitas hidup.

Baca Juga: Maluku Dijatahi 1,1 Juta Vaksin Corona

Sebab jika tidak, ekonomi masyarakat akan sulit bangkit apalagi sejak pandemi begitu banyak orang yang kehilangan mata pencaharian. Politisi PKB ini menjelaskan, memang sampai hari ini belum ada instruksi pemerintah pusat corona telah selesai, akan tetapi harus memahami betul kondisi masyarakat dengan memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat bahwa kehidupan normal itu harus dijalani dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Selain itu, dari sisi pendidikan seharusnya dievaluasi oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan, apakah  proses belajar mengajar saat ini masih efektif atau dimulai dengan tatap muka tetapi dengan menaati protokol kesehatan.

“Ini yang mesti dievaluasi, karena anak-anak juga sudah mulai jenuh tinggal di rumah. Olehnya pemerintah harus menyikapinya dengan bijak. (S-50)