AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku, kembali menggelar patroli gabungan berskala besar dengan melibatkan TNI di Kota Ambon, Minggu (6/11) malam.

Operasi gabungan dilaksanakan selain untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, juga bertujuan mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem  Ohoirat menjelaskan, patroli berskala besar melibatkan seluruh satker dan instansi terkait seperti Pomdam XVI Pattimura, Pom AU, Provos Rider 733/Masariku, dan Satpol Pp.

“Patroli skala besar tadi malam menyasar tempat-tempat keramaian, kerumunan masyarakat, dan lokasi-lokasi yang sering dijadikan arena balap liar,” ucap Ohoirat kepada wartawan di Mapolda, Senin (7/11).

Operasi skala besar terbagi dalam beberapa kelompok dengan menyisir sejumlah wilayah yang dianggap rawan di Kota Ambon.

Baca Juga: Komisi I Rekomendasikan Pelantikan Kades Jikumerasa

“Patroli gabungan dipimpin oleh perwira penanggungjawab yaitu Wadanki Kompi A Pelopor Ipda Wattimury. Patroli dilakukan secara santun dan humanis,” ungkapnya.

Sejumlah wilayah yang menjadi incaran pelaksanaan patroli gabungan yaitu, di dalam pusat kota dan luar kota seperti Lateri, Passo, Waiheru, Poka, dan sekitarnya.

Secara umum, dirinya mengaku, kondisi kamtibmas di Ambon terpantau kondusif. Hanya saja, tim gabungan berhasil menggagalkan rencana balap liar oleh sekelompok pemuda di kawasan Jalan Rijali, dan Ahmad Yani.

“Patroli gabungan secara umum berjalan aman dan lancar. Kondisi kamtibmas terpantau kondusif. Hanya saja masih ditemukan sekelompok pemuda yang berkempul di ruas jalan Rijali dan Ahmad Yani. Mereka hendak melakukan balap liar, namun berhasil dicegah aparat gabungan,” ujarnya.

Juru bicara Polda Maluku ini menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar dapat membantu aparat keamanan TNI dan Polri dalam menjaga kamtibmas secara bersama di Maluku.

“Apabila ditemukan hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas dan meresahkan masyarakat di wilayah masing-masing, agar dapat segera menghubungi aparat kepolisian terdekat,” pintanya.

Selain di kota Ambon, Polres jajaran di Maluku juga diharapkan dapat melakukan hal yang sama untuk menciptakan rasa aman dan kenyamanan masyarakat di setiap daerah.

“Selain demi menciptakan kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat, Bapak Kapolda juga terus mendorong keamanan di setiap daerah agar dapat membuat para wisatawan merasa aman, nyaman dan betah berada di Maluku. Mengingat hampir di setiap daerah di Maluku memiliki daya tarik pariwisata yang indah,” tuturnya.(S-10)