AMBON, Siwalimanews – Untuk meningkatkan pe­layanan kepada masyarakat dan menciptakan situasi ke­amanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yang aman dan kondusif khususnya bagi warga kota Ambon, personil polisi reaksi cepat (PRC) Direktorat Sabhara Polda Maluku, mengin­ten­sifkan patroli.

Direktur Sabhara Polda Maluku Kombes Irwan Rahmaini, mengatakan, pihaknya mengintensifkan patroli itu, guna melakukan pencegahan terhadap berbagai kejahatan yang dapat memicu terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Yang kita laksanakan ini merupakan patroli dialogis, dan itu dilakukan secara intensif untuk mencegah kejahatan yang bisa berimplikasi pada gangguan sitkamtibmas,” katanya kepada Siwalima Minggu (15/3).

Menurutnya, patroli yang dilaksanakan itu merupakan patroli dialogis dengan menyasar sejumlah ruas jalanan dan kawasan pemukiman warga di Kota Ambon.

“Setiap malam kita melaksana­kan patroli dialogis dengan menyasar akses utama seperti di Aster, Batu Merah, Belso, Jalan Pattimura, Urimesing, Batu Gantung, Kudamati, Talake, pasar Mardika dan Ongkoliong, bahkan kesejumlah kawasan pemukiman,”bebernya.

Baca Juga: Aipda Jansen Lesnussa Masuki Masa Purna Bhakti

Mantan Kapolres Sleman Polda D.I.Y ini menambahkan, sasaran dari patroli tersebut yakni daerah rawan terjadi gangguan kamtibmas. Misalnya masyarakat  yang sementara nongkrong di pinggir jalan, hingga larut malam, balap liar, judi hingga miras. “Ada yang kita bina dan ada juga yang kita tindak sesuai dengan prosudur yang berlaku,”ujarnya.

Alumnus Akpol 1989 ini mengaku, patroli yang dilakukan oleh personilnya itu untuk back up Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanan di Maluku, khususnya Kota Ambon.

“Kita akan selalu back up Polresta, biar Maluku terutama Kota Ambon ini benar-benar aman dan nyaman bagi siapapun,” tandasnya. (S-32)