TIAKUR, Siwalimanews – Christin Letelay merupakan perempuan pertama yang diberikan kepercayaan menjabat sebagai penjabat Kepala Desa Sumpali.

Sumpali sendiri merupakan salah satu dusun di Desa Lekloor yang dimekarkan Pemerintah Kabupaten MBD bersama dengan 13 dusun lainnya menjadi.

Dirinya resmi diambil sumpah janji jabatan bersama dengan sejumlah kades dan KPN oleh Benyamin Thomas Noach di Gedung Latupati Wonreli, kemarin.

Selain Christin Letelay, bupati MBD juga melantik Khrestian P. Boreel sebagai kades Abusur, Pieter W. Dadiara sebagai kades Lekloor, Kosmus Surlialy sebagai kades Kuay Melu.

Kemudian Jacobis W. Bakker, sebagai Penjabat kades Kota Lama, Marthen O.Davidz sebagai Penjabat kades Oirata Barat

Baca Juga: Dewan Ingatkan Gubernur Stop Rombak Birokrasi

Orang nomor satu di bumi Kalwedo itu memberikan tugas berat kepada kades yang baru dilantik.

“Tugas pemerintahan umum harus dilaksanakan terus. Membangun dengan segala sumber daya yang ada untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Selain itu seorang kades harus dapat menempatkan posisi menjadi orang tua dan panutan di desa, maka kewajibannya melakukan pembinaan dengan baik.

“Tugas kades adalah melaksanakan pemerintah, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan yang bertujuan bagi kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Untuk penjabat kades, ia juga meminta agar melakukan tugas dengan baik sambil mempersiapkan pemilihan kades definitif serta persiapan menyusun struktur kepengurusan di desa persiapan.

Kepada semua kades dan penjabat, ia berharap dana desa yang ada juga harus dipergunakan dengan baik dan benar

“Jangan menguntungkan diri sendiri dengan kebijakan yang memperkaya diri. Dipakai untuk kesejahteraan rakyat,” pintanya.

Terkait pengangkatan penjabat kades, ia mengaku sesuai UU merupakan seorang PNS yang ditunjuk dan dilantik oleh bupati.

“Itu kepercayaan yang diberikan. Jika tidak melaksanakan tugas dengan baik maka ditarik,” ingatnya.

Menurutnya pemekaran dusun menjadi desa tidak memutuskan hubungan persaudaraan dan tatanan adat istiadat yang selama ini tumbuh dan dijaga sampai hari ini.

Bupati berharap dukungan dan doa yang tulus dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama menopang kades dan penjabat membangun desa demi kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir pada kegiatan itu Ketua Tim penggerak PKK Rely Noach, pimpinan OPD para camat, forkopimcam, dan para kades se-Kecamatan Kisar Selatan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama.(Mg-3)