AMBON, Siwalimanews – Calon siswa (Casis) Bintara dan Tamtama Pendidikan Karir TNI AL gelombang II tahun 2020 pada panitia daerah Ambon sebagai tahap seleksi masuk menjadi Prajurit TNI AL dan nantinya akan dibina dalam Kawah Candradimuka mulai mengikuti uji kesamaptaan jasmani.

Para casis sebelum mulai jalani tes, terlebih dahulu melaksanakan tensi, kemudian pemanasan dan peregangan otot yang dipandu oleh Tim Binjas untuk menghindari cidera yang tidak diinginkan.

Tes samapta yang diikuti para casis ini meliputi baterai A yaitu lari selama 12 menit, kemudian baterai B yang terdiri dari push up, sit up, pull up dan shuttle run yang dilanjutkan dengan tes renang dan postur.

Asisten Personil Danlantamal IX Letkol Laut (S) Danang Marsudi menjelaskan, kesamaptaan dan postur yang baik dan ideal merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seorang calon prajurit TNI AL.

“Dengan hasil tes ini pula diharapkan akan diperoleh pribadi prajurit yang kuat, tangguh, siap mengabdikan diri dan mampu melaksanakan tugas menjaga tanah air tercinta,” ujarnya.

Baca Juga: II-MBD Desak Kaji Ulang Amdal Blok Masela

Hadir dalam pelaksanaan tes Samapta tersebut Kadisminpers Lantamal IX, Paban Watpers Lantamal IX, Tim Binjas Lantamal IX, Tim PAM Lantamal IX dan Tim Minpers Lantamal IX. (S-21)