AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganagan (Disperindag) Kota Ambon Pieter Leuwol mengungkapkan sebagian pedagang pasar mardika telah menempati sejumlah tempat yang diperuntukan untuk berjualan.

“Dan mereka sudah menempati mereka punya tempat jualan. Tempat ini semestinya diperuntukkan untuk kendaraan bermotor. Iya memang belum seutuhnya tapi yang pastinya semua akan ke sana sesuai dengan terget,” ungkapnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (6/10).

Diakui Leuwol, langkah persuasif terus dilakukan oleh Pemkot, dimana Disperindag  back up langsung oleh TNI/Polri bersama dengan Satpol PP guna mengingatkan para pedagang yang masih saja bandel dan melakukan transaksi jual-beli di tengah jalan.

“Kita laksanakan penertiban ini, untuk penindakan padagang di jalan-jalan dan kemarin beberapa personil yang katong sama-sama TNI/Polri dan Satpol PP, kita adakan  upaya-upaya persuasif untuk mengingatkan pedagang seharusnya tidak berdagang disitu,” ujar Leuwol.

Dirinya juga mengungkapkan, Disperindag tetap terus mengingatkan para pedagang untuk tidak menetap dan beraktivitas, sebab menurutnya lokasi tersebut akan segera direvitalisasi sehingga sudah seharusnya mereka mengosongkan lokasi tersebut.

Baca Juga: Bangun Proyek Fisik, TNI-Polri Hadapi Medan Terjal

“Jadi yang pasti kita akan terus dan harus memindahkan mereka ke tempat atau lokasi-lokasi yang kita sudah siapkan demi untuk menunjang kelancaran pembangunan Pasar Mardika,” jelas Leuwol.

Selain itu, langkah persuasif untuk memindahkan para pedagang tersebut menurutnya sudah dilakukan dengan baik dan mendapat respon baik pula dari para pedagang. “Kegiatan persuasif dalam kaitan penertiban itu berarti kita mengambil langkah-langkah yang sifatnya persuasif untuk memindahkan mereka dan semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Leuwol berharap para pedagang lainnya yang masih saja menempati lokasi pasar Mardika dan belum beranjak untuk dapat bekerja sama dengan pemkot dan mengosongkan lokasi tersebut.

“Pedagang harus menyadari ini kan untuk kepentingan mereka juga. Mari kita kerja samalah demi pembangunan pasar, karena pasar ini diperuntukkan untuk mereka juga,” harap Leuwol. (Mg-6)