DOBO, Siwalimanews – Menjelang perayaan Idul Fitri, harga Cabe di sejumlah pasar tradisional Kota Dobo Kabupaten Kepulauan Aru tembus angka Rp 130 ribu/kg.

Kadisperindag Aru, Alo Tabela me­ngaku, untuk jenis komoditi yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan di Kota Dobo yakni, Cabe kemudian diikuti ba­wang merah, bawang putih dan telur.

“Hasil operasi petugas di lapa­ngan, memang ada beberapa jenis barang kebutuhan pokok pada tiga pekan ini harganya terus naik, diantaranya cabe rawit, bawang merah dan bawang putih,” ungkap Tabela kepada Siwalima di ruang kerjanya, Rabu (28/4).

Menurutnya, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kenai­kan harga barang tersebut yakni, ketika kapal-kapal perusahaan perikanan bersandar di pelabuhan.

Masuknya kapal-kapal ini, mem­buat ketiga komoditi tersebut tetap harganya naik, disebabkan pihak kapal berbelanja dalam jumlah be­sar sebagai persediaan kebutuhan mereka saat berlayar mencari ikan.

Baca Juga: Pemda Diharapkan Cegah Dampak Negatif Pembangunan Ekonom & Parawisata

“Selain itu, ada beberapa komo­diti lainnya juga harganya menga­lami kenaikan namun, telah kem­bali normal seperti, telur, minyak goreng, kacang tanah dan kacang hijau,” ucapnya.

Tabela mengaku Secara umum, stok barang kebutuhan pokok je­lang hingga perayaan Lebaran nanti tidak ada kendala, karena semua stok barang cukup tersedia.

Hanya tiga jenis komoditi ter­sebut yang stoknya menipis sehi­ngga harganya terus merangkak naik hingga kini. Namun, ia pasti­kan harganya akan kembali normal dalam beberapa hari ke depan dengan sendirinya. (S-25)