AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya telah mengusulkan pembangunan sejumlah infrastruk­tur penting ke pemerintah pusat pasca launching Gerbangdutas.

Infrastruktur yang diusulkan ke kementerian lembaga seperti pem­bangunan depo BBM, pembangu­nan sarana dan prasarana pus­kesmas dan rumah sakit, pemba­ngunan jalan, embung, SPAM, IPLT.

Tidak hanya itu ada pembangu­nan rumah susun, rumah layak huni, rumah aman, rumah logistik ben­cana. Disektor pariwisata akan dikembangkan daya tarik wisata dan pengembangan ekowisata.

Ada juga pembangunan perhu­bungan laut, darat dan udara, pengembangan sektor kelautan dan perikanan, rumah produksi tenun ikat, rumah kemasan, sarana pra­sarana PAUD, SD dan SMP dan gelanggang olahraga.

Tidak sampai disitu pemerintah pusat juga akan penyediaan in­frastruktur teknologi informasi dan komunikasi khususnya peningkatan kualitas dan kapasitas telekomu­nikasi serta akses internet.

Baca Juga: Makatita: ADD 92 Desa di SBB Sementara di Review

“Ada pemekaran dusun menjadi desa. Tujuannya mewujudkan efektifitas penyelenggaraan peme­rintahan, peningkatan kesejah­teraan masyarakat, peningkatan kualitas layanan publik serta meningkatnya daya saing desa,” kata Bupati MBD Benyamin Thomas Noach usai rapat dengan BNPP yang melibatkan kementerian lem­baga di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta.

Ia mengaku rapat yang digelar sebagai wujud tindaklanjut program percepatan pengembangan infras­truktur, konektifitas, infrastruktur sosial dasar serta efektifitas penye­lenggaraan pemerintahan daerah kawasan perbatasan.

Saya berharap dengan rapat tin­daklanjut kedepan, dapat membantu pemda untuk mempercepat pem­ba­ngunan infrastruktur guna mening­katkan kesejahteraan ma­syarakat dan daya saing daerah, jelasnya.

Kebutuhan yang diusulkan me­nurutnya adalah kebutuhan prio­ritas dalam mempercepat pemba­ngunan infrastruktur pada keca­matan-kecamatan lokpri perbatasan negara.

Kiranya direspon positif oleh kementerian lembaga guna mem­percepat pembangunan infras­truktur di MBD dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan ma­syarakat dan daya saing daerah,” harapnya. (Mg-2)