Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach,ST menyerahkan ijasah bagi ke-23 Mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral PEM-Akamigas, angkatan I tahun ajaran 2017 di Ruang Rapat Kantor Bupati, belum lama ini.

Secara keseluruhan jumlah mahasiswa pada PEM-Akamigas berjumlah 32 orang yang dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten MBD. Telah 23 mahasiswa menerima ijazah dari pemerintah sedangkan 9 mahasiswa lainnya sementara berproses dalam penyelesaian perbaikan skripsi.

Bupati dalam arahannya mengatakan melalui program beasiswa di Bidang Minyak dan Gas Bumi kerja sama pemerintah daerah dengan PEM Akamigas, Cepu mendapatkan hasil yang baik.

“Harapan pemerintah daerah adalah agar anak-anak Maluku Barat Daya harus menjadi tuan di daerahnya sendiri,” ingat bupati.

Lanjut kata bupati untuk menjadi tuan harus butuh pendidikan dan pengalaman yang cukup.

Baca Juga: Agustinus Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Leti

Untuk ke-23 mahasiswa, juga menurutnya merupakan tahap awal dalam penyelesaian pendidikan formal, sedangkan di lapangan kerja masih butuh keahlian dan keterampilan yang sungguh-sungguh untuk bersaing  dan berkompetisi dengan orang lain.

“Mahasiswa lulusan PEM Aka­migas sudah harus bisa mencari lapangan kerja untuk mencari pengalaman sehingga pada saat Blok Marsela dibuka anak-anak Maluku Barat Daya dapat meme­gang peranan penting melalui pengalaman yang didapat pada saat dia bekerja,” harapnya.

Ditambahkan, lain halnya dengan mahasiswa kedokteran dan guru apabila telah menyelesaikan pendidikannya harus kembali dan mengabdi di daerah karena saat ini Kabupaten Maluku Barat Daya masih membutuhkan tenaga dokter dan guru. “Lulusan migas harus ciptakan lapangan kerja sendiri,” tandasnya. (S-39)