BUPATI Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, meresmikan penyalaan listrik di Desa Arwala, yang berlangsung di Gedung PLTD Arwala, Kecamatan Wetar Timur, Kamis (26/10).

Turut hadir Wakil Bupati MBD, Agustinus L. Kilikily; bersama Ibu, Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, bersama ibu, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa bersama ibu, Ketua TP-PKK MBD, Ibu Rely Noach, Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Wetar Timur.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, listrik sebuah tanda moderenisasi. Hari ini secara langsung PLTD ini sudah dapat difungsikan.

“Hari ini masyarakat Wetar Timur merasakan penerangan. Bagaikan gelap menuju terang. Kita patut bersyukur, bahwa lewat doa dan dukungan bapa mama semua. Terima kasih yang tulus saya sampaikan atas doanya yang mengantarkan saya dan pak Ari sebagai Bupati dan Wakil Bupati MBD untuk melaksanakan tugas membangun MBD, termasuk memperjuangkan listrik untuk Kecamatan Wetar Timur,” ucap bupati.

 

Baca Juga: Sahubawa Sambangi Kementerian LHK

Ditambahkan, komunikasi aktif dengan Anggota Komisi VII DPR, Ibu Mercy C. Barends, dan ber­-bagai pihak lainnya tentang per­-masalahan listrik di MBD, akhir­-nya terjawab dengan peresmian beberapa PLTD beberapa waktu lalu dan di hari ini. Untuk itu Pemerintah Kabupaten MBD menyampaikan terima kasih kepada Ibu Mercy Barends yang tidak pernah bosan-bosannya memperjuangkan kepentingan MBD di DPR.

“Saya berkomunikasi dengan Ibu Mercy terus, karena masyarakat selalu bertanya kapan listrik ini menyala. Saya minta bantuan Ibu Mercy selaku anggota DPR-RI Komisi VII untuk memperjuangkan permasalahan listrik di MBD. Untuk itu terima kasih Ibu Mercy, terima kasih kepada pemerintah pusat, terima kasih  kepada DPR, dan terima kasih kepada PLN,” ungkap bupati.

Bupati berharap, agar masya­-rakat Wetar Timur dapat menjaga dan merawat aset ini dengan baik. “Hari ini kita memasuki era baru, babak baru kehidupan masyarakat di Wetar Timur. Selangkah demi selangkah bergerak menuju modernisasi. negara telah menyediakan listrik, masyarakat harus menjaga aset ini, jangan dirusak” tegas bupati.

Bupati menegaskan, apa yang rakyat harapkan, apa yang rakyat minta kita pasti perjuangkan.

“Cuma datangnya bisa cepat, bisa lama-lama sedikit, mungkin agak lama karena seluruh pembangunan ini bertahap. Dengan diresmikannnya Penyalaan Listrik PLTD Arwala hari ini, secara resmi juga Penyalaan Listrik di Luang, Eray dan Letmasa,” jelas bupati.

Bupati berharap, semoga kebersamaan kita tetap terbina. Jaga persatuan dan kesatuan. Kiranya listrik ini terus menyala di Wetar Timur. Pemerintah akan terus berupaya untuk membantu agar listrik dapat menyala di seluruh wilayah MBD.

Kepala UP3 PLN Saumlaki, Ahmad Asyari Syarif, mengatakan, bahwa hari sejarah buat masyarakat di Arwala. Semua hadir untuk melakukan peresmian listrik desa yang sudah lama ditunggu oleh masyarakat Desa Arwala.

“Tentunya banyak peran pemerintah daerah  khususnya pak Bupati, Ibu Mercy C. Barends, dan semua stakeholder yang mendukung dan mendorong terwujudnya listrik desa di MBD,” ujar Ahmad.

Dirinya menambahkan, PLTD Arwala beroperasi dengan aset berupa mesin seratus kilowatt, dilengkapi dengan 4 operator yang akan mengoperasikan PLTD Arwala,  tanki 3×5 Kl,  jaringan GTM 37 kms,  GTR 3,5 kms,  gardu 6 unit, kubikel 4 buah dengan potensi pelanggan 444 orang. Arwala, Ilway, Kahilin, Ilpokil, Tomliapat, Morning, dengan total pelanggan 381 pelanggan. “Sesuai sila kelima yang memastikan seluruh rakyat Indonesia harus mendapatkan keadilan sosial,  yang sama rasa, sama rata, PLN hadirkan listrik desa terhadap daerah-daerah yang belum menikmati selama puluhan tahun. Kita jadikan anak-anak yang dulunya takut bermimpi untuk punya keberanian bermimpi setinggi-tingginya,” jelasnya.

Dirinya menegaskan, PLN pastikan setiap pembangkit, setiap infrastruktur menjadi jantung masyarakat di setiap titik di seluruh Indonesia, yang mam­-pu mendorong laju  perekono­mian,  meningkatkan kesejah­teraan di setiap kawasan. (S-28)