BUPATI Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas mengata­kan, pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama ini dapat menorehkan sejarah karena memiliki manfaat dalam bidang pelayanan hukum bagi masyarakat di wilayah SBT.

“Hal ini akan terasa manfaatnya dalam bidang hukum dengan pelayanan yang baik. Dan sajak 28 Oktober 2018 mulai beroperasinya Pengadilan Agama Dataran Hunimoa hingga kini,” ungkap bupati, dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Wakil Bupati, saat menghadiri peletakan batu pertama kelas II pembangunan Gedung baru Kantor Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang berlangsung di Jalan Air kabur- kabur, Desa Wailola, Kecamatan Bula. Senin (9/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut, ketua dan anggota DPRD SBT, Mantan Bupati Abdullah Vanath, Kapolres SBT Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, dan Ketua PA dataran hunimua, TNI/Polri serta Forkompinda maupun Pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya.

Dikatakan, mewakili masyarakat kami mengucapkan selamat datang kepada yang mulia Pengadilan Tinggi Ambon kepada yang mulia ketua agama beserta rombongan di Bumi Ita Wotu Nusa.

“Senang dan bahagia dapat menyambut kehadiran yang mulia dan rombongan di sini. Semoga perasaan senang dan bahagia juga dapat dirasakan yang mulai dan rombongan,” terangnya.

Baca Juga: Renjaan Pastikan Stok Sembako Aman di MBD

Kata bupati, Pengadilan Agama dan semua stakeholder dalam rangka peningkatan hukum bagi masyarakat. Termasuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan yang memadai, demi meningkatkan kualitas pelayanan hukum dan terwujud nya pemenuhan hak-hak dasar masyarakat di bidang hukum, yang berada dalam wilayah kerja pengadilan Agama dataran Hunimua Kabupaten Seram Bagian Timur,” ujar bupati.

Lebih lanjut Bupati mengaku, Pengadilan Agama Dataran Hunimua telah berkembang begitu pesat sebagai salah satu Pengadilan Agama terbaik. Hal ini tercermin dalam kepastian hukum yang telah hadir ditengah- tengah kehidupan masyarakat Seram Bagian Timur.

“Apresiasi dan penghargaan serta ucapan terima kasih seti­nggi- tingginya kepada pengadilan agama dataran hunimua yang telah membantu kami dalam menjalankan tugas pelayanan dan kepastian hukum kepada masyarakat SBT,” pinta bupati.

Sebelumnya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Khaeril sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini bupati SBT Mukti Keliobas dan Ketua DPRD yang telah memberikan rekomendasi terbentuknya Pengadilan Agama Dataran Hunimua.

Sementara Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimua Mahdys Syam mengatakan, Pengadilan Agama Dataran Hunimua merupakan dari pelaksanaan kekuasaan kehakiman di bawah naungan Mahkamah Agung yang di bentuk berdasarkan keputusan presiden RI nomor 13 tahun 2016.Tentang pembentukan PA salah satunya adalah PA dataran hunimua. “Berdasarkan Perpes tersebut, Ketua Mahkamah Agung RI pada periode tersebut tanggal 22 Oktober 2018 Melonane Kabupaten Talau Propinsi Sulawesi Utara. Untuk meresmikan operasional Pengadilan seluruh dunia dan salah satu adalah PA Daratan hunimua,” ujarnya. (S-27)