PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa melantik delapan Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) Kecamatan Banda yang di pusatkan di Halaman Istana Mina Banda Naira Kecamatan Banda, Senin (13/11).

Mereka yang dilantik yakni KPN Administratif Kampung Baru Rachman Achmad, KPN Administratif Lautang Ramli Astar,  KPN Administratif Nusantara La Sadikin,  KPN Administratif Selamon Idzhar Amry, KPN Administratif Tanah Rata Fitra La Djahria, KPN Administratif Uring Tutra Syawal Sidek, KPN Administratif Merdeka Wa Aline dan Negeri Administratif Pulai Ay Hairun Sahmad.

“Hari ini bukan hanya menjadi momen yang bersejarah bagi Para Penjabat maupun Kepala Pemerintah Negeri Administratif yang baru saja dilantik, tetapi juga merupakan momen penting bagi kita semua dan terutama bagi warga masyarakat di 8 negeri tadi. Pelantikan ini merupakan langkah awal dari suatu perjalanan yang penuh tantangan, tanggung jawab, dan harapan baru bagi kemajuan masyarakat dan Negeri,” kata Penjabat Bupati.

Kepada KPN yang baru dilantik, Penjabat Bupati ingatkan agar tanggungjawab ini bukanlah beban yang harus diemban sendirian.

Namun, ini adalah panggilan untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap negeri. Penjabat Bupati juga yakin, dengan integritas, kecerdasan, dan semangat pengabdian yang tinggi, para KPN akan mampu menjalankan tugas serta amanah ini dengan baik.

Baca Juga: Tahun 2024, Kabupaten Malteng Terima DD 117,4 M

“Tantangan utama kita saat ini yang perlu menjadi perhatian serius adalah upaya pengentasan kemiskinan dan penanganan stunting. Penuntasan tantangan ini, memerlukan mobilisasi berbagai potensi yang ada, di mana Kepala Pemerintah Negeri selaku ujung tombak penyeleng­garaan pemerintahan harus mengambil peran strategis dan tampil di garda terdepan,” katanya.

Penjabat Bupati berharap para KPN yang baru dilantik dapat menjadi pemimpin yang visioner, bersedia mendengar aspirasi masyarakat, dan bekerja keras untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan negeri.

Pemerintah Kabupaten Malteng siap memberikan dukungan dan bimbingan dalam upaya mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Penjabat Bupati mengajak agar warga dan semua pemangku kepentingan di Malteng bersama membangun Malteng, sejalan dengan takeline yakni komitmen dan pengabdian tanpa batas, melayani yang belum terjangkau, memperbaiki yang masih kurang, memperkuat yang sudah bagus, untuk membangun Malteng sebagai jendela Indonesia Timur guna mendukung terwujudnya pembangunan Maluku Emas.

Pelantikan para KPN di Kecamatan Banda disaksikan Gubernur Maluku Murad Ismail bersama istrinya, Sekda Maluku Sadali Ie serta jajaran pimpinan OPD Pemkab Malteng dan Pemprov Maluku.(S-17)