TIGA Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT),  memperoleh bantuan mobil ambulance dari Pemerintah Kabupaten  setempat.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur kepada Kepala Puskesmas Ukar Sengan, Puskesmas Teluk Waru dan Puskesmas Amarsekaru disela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional yang digelar di halaman Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Sabtu (12/11).

Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis  mengatakan, penyerahan tiga mobil ambulance ini sebagai upaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana.

“Ada tiga Puskesmas yang kami sediahkan ambulance untuk memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Yang kami berikan itu, satu di Puskesmas Amarsekaru, satu di Puskesmas Waru dan satu di Puskesmas Ukar Sengan,” ungkap  Rumakabis.

Dikatakan, mobil ambulance yang diberikan kepada Puskesmas Ukar Sengan, Kecamatan Seram Timur ini untuk mengcover tiga Puskesmas yang akses daratnya belum ada.

Baca Juga: Dinkes Sosialisasi Implementasi Perda Kantor Bebas Asap Rokok

“Tiga Puskesmas itu adalah Puskesmas Affang, Kilmury dan Geser,” bebernya.

Kata dia,, hingga saat ini masih ada kekurangan sarana dan prasarana disejumlah Puskesmas di kabupaten bertajuk ‘Ita Wotu Nusa’ itu, namun dirinya memastikan akan berupaya untuk mewujudkan pada tahun-tahun mendatang.

Sementara pada wilayah kepulauan, dia mengaku pada tahun 2023 mendatang akan mendapatkan lima unit ambulance laut berukuran besar untuk melayani masyarakat.

“Walaupun ada sebagian yang masih kurang, kedepan akan kami maksimalkan lagi kapasitas tenaga maupun sarana dan prasarana. Kalau daerah-daerah kepulauan Insha Allah tahun depan kami dapat ambulance laut berukuran besar sekitar lima unit,” akuinya.

Secara terpisah, Kepala Puskesmas Ukar Sengan Arman Wokas mengatakan, dengan bantuan mobil ambulance tersebut menjadi pusat akses mereka dalam melakukan pelayanan, termasuk untuk pasien rujukan.

“Kami sangat berterimakasih sekali, apresiasi dari Dinas Kesehatan SBT melalui Kementerian Kesehatan dalam bantuan Ambulance ini sebagai sarana kami dalam melakukan pela­yanan,” kata Arman Wokas.

Arman mengaku, sejauh ini pelayanan yang dilakukan di Puskesmas yang dipimpinnya itu masih terkendala dalam merujuk pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bula.

Kendati demikian, dengan bantuan yang diterima pihaknya secara langsung itu sangat terbantu dalam menunjang pelayanan diwilayah tersebut nantinya.

“Selama ini akses pelayanan kami yang sulit karena keterbatasan tidak memiliki kendaraan seperti yang tersedia disini  makanya kami sangat terbantu sekali dengan adanya kehadiran Ambulance ini sebagai sarana kami, terutama dalam merujuk pasien,” akuinya. (S-08)