DALAM  kunjungan kerjanya di Kecamatan Babar Timur, Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, mengambil sumpah dan melantik 8 Kepala Desa terpilih, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan  Babar  Timur, Rabu (13/7).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan,  otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah sehingga Pemerintah Daerah juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi desa-desa yang berada di wilayahnya dengan tujuan utamanya agar pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

“Dalam rangka menyelenggarakan kewenangan desa dimaksud maka dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya, “ kata Bupati.

Bupati berpesan agar para kepala desa yang baru  dilantik dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas.  Sebagai unsur pemerintahan desa, Kepala Desa dan BPD merupakan mitra,  sehingga diharapkan harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD.

“Saya berharap agar kiranya Saudara saudara mampu menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka menciptakan Maluku Barat Daya yang sejahtera, “ tutur Bupati.

Baca Juga: Penjabat Kades Wiratan dan 33 Pejabat Struktural Dilantik

8 Kades yang  diantik yakni: Selkius LakburlawaL  ( Letwurung), Lexikard M. Oraplean (Desa Kokwari), Hektor Heremku (Desa Wakpapapi),  Yeremias J.Eirumkuy (Desa Ahanari)  Frits Oraile (Desa Analutur), Pelipus Onaola (Desa Manuweri), Ekman Latusuay (Desa Tutuwawang), Johand.Herluly  (Desa Emplawas). (S-08)