PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy memuji pelaksana kirap pemilu tahun 2024 di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.

Baginya kegiatan itu adalah sarana yang tepat untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilu sekaligus  untuk mengedukasi masyarakat edukasi masyarakat.

“Sebagai pemerintah kabupaten Malteng serta mewakili semua elemen masyarakat saya menyambut positif pelaksana kirap pemilu tahun 2024 yang telah sampai di wilayah kabupaten kota ini. Bagi saya ini sarana penting dan tepat untuk mensosialisasikan pemilu 2024 namun lebih dari itu Kirab pemilu tahun 2024 ini juga dapat dijadikan sarana edukasi masyarakat,” tandas Bupati, dalam acara kirab Pemilu 2024 yang berlangsung di kantor KPU Malteng di Masohi, Selasa (9/5).

Bupati optimis kegiatan itu akan berdampak positif untuk menum­buhkan kesadaran masyarakat di kabupaten tertua di Maluku itu dalam menyambut pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

“Saya optimis kegiatan ini akan berdampak positif dimana kesadaran politik dan partispasi masyarakat di kabupaten Maluku Tengah dalam menyambut pemilu serentak akan semakin meningkat, dan masyarakat akan menunjukkan kesadaran dan tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik, dengan mem­berikan hak suara untuk memilih pemimpin yang terbaik untuk daerah, bangsa dan Negara pada waktunya,” ujar Bupati.

Baca Juga: Buka Rakor Gartra, Bupati Minta Capaian Reforma Agraria Tercapai

Bupati berharap, KPU selaku penyelenggara pemilu dapat me­mastikan seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pemilih dapat tercatat dalam daftar pemilih untuk menyalurkan hak konstitusional pada saatnya nanti.

“Saya berharap, KPU selaku penyelenggara pemilu agar me­mastikan bahwa seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilu tahun 2024 harus tercatat didalam daftar pemilih. Ini hak konstitusional warga negara yang harus kita lindungi dengan baik,” harap bupati.

Marasabessy juga mengatakan, dirinya berkewajiban mengingatkan hal ini, sebab salah satu pemicu ketegangan dan gangguan kamtib­mas terutama di hari pelaksanaan pemu­ngutan suara yakni masalah DPT.

“Jika KPU membutuhkan koordi­nasi dan dukungan pemerintah, maka kami akan selalu siap dan terbuka dalam mendukung tugas-tugas KPU,” kata Bupati.

Dikatakan, tahapan pemilu yang sementara berlangsung di daerah ini berjalan dalam suasana yang aman dan kondusif.karennya Bupati pun meminta seluruh partai politik peserta pemilu dapat dengan intensif memeberikan pendidikan politik bagi masyarakat.

Diujung sambutannya Bupati mengajak seluruh elemen masya­rakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, serta saling menghargai perbedaan yang ada. Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menye­lenggarakan kegiatan Kirap Pemilu 2024 ini,” katanya.(S-17)