KODIM 1511 Pulau Moa melak­sanakan Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Tahun 2022, yang berlangsung di Lapangan Maka, Wonreli, Kecamatan Kisar Selatan, Selasa (11/10) dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach.

Dalam sambutannya, Bupati me­nyampaikan, sebagaimana diketa­hui, program TMMD adalah kelan­jutan program ABRI masuk Desa,  yang telah dimulai sejak tahun 1980.

“Selama 39 tahun, program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Kementerian atau Lembaga Pemerintah, non Kementerian dan masyarakat, telah menghasilkan capaian yang tidak sedikit di seluruh pelosok tanah air. TMMD telah secara berkesinam­bungan telah membantu Pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, Pemerintah dan jajaran TNI terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan agar TMMD tetap relevan dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat.

“Dengan langkah seperti itu, kami berharap TMMD tidak hanya dapat terus mempercepat proses pemba­ngunan dan peningkatan kesejah­teraan masyarakat di daerah, tetapi juga pada gilirannya akan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang makin tangguh” Tandas Bupati.

Baca Juga: Lantik 8 Kepala Desa, Bupati Minta Jalin Koordinasi

Sasaran utama pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 adalah meliputi kegiatan yang terkait dengan sasaran fisik diantaranya pembangunan rumah tidak layak huni, pembuatan jalan setapak dan pembuatan bak penampung air. Sementara sasaran non fisik berupa kerjasama de­ngan Pemerintah Daerah serta instansi terkait lainnya dalam melaksanakan Penyuluhan Bahaya Penggunaan Narkoba bagi Generasi Muda,  Penyuluhan di Bidang Perikanan bagi Nelayan, Penyuluhan Pertanian, Penyulu­han tentang Bencana Alam,  Penyuluhan tentang Lingkungan Hidup, Penyu­luhan Stunting dan Covid-19.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap, TMMD ke-115 tahun 2022, yang mengusung tema “TM­MD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, benar-benar menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi semua yang terlibat dalam kegiatan TMMD, dapat membantu Pemerin­tah dalam melakukan percepatan pembangunan di segala bidang,  sehingga Indonesia semakin, maju, makmur dan sejahtera.

Dalam Laporan pelaksanaan kegiatan TMMD tahun 2022, Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa menyampaikan, kegiatan TMMD dilaksanakan tanggal 11 Oktober 2022 hingga 09 November 2022, berlokasi di Desa Wonreli, Kecamatan Kisar Selatan dan Desa Lebelau, Kecamatan Kisar Utara. Sasaran fisik berupa rehap rumah 21 unit, pembuatan jalan rabat beton 2.500 meter serta bak penampungan air minum 8 buah. Kegiatan ini  didukung oleh ABPD Kabupaten Maluku Barat Daya, sebesar Rp. 1.952.200.000.

Turut hadir dalam upacara, Wakil Bupati Maluku Barat Daya Agus­tinus. L. Kilikily, Ketua DPRD Ka­bupaten MBD Petrus. A. Tunay, Kapolres MBD AKBP. Pulung Wietono,  bersama Ibu, Ketua TP-PKK Kab.MBD, Ibu Rely Noach, Asisten Administrasi Umum Setda MBD P Y. Rupilu, Camat Kisar Selatan Ph. J. Mosse, Camat Kisar Utara, Imanuel J. Maupula, Forko­pimcam Pulau Kisar, Kepala Desa dan Dusun se-Pulau Kisar, TNI-POLRI, Siswa-Siswi SMP dan SMA, tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Pulau Kisar dan undangan lainnya.Kalwedo. (S-08)