BUPATI Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Benyamin Thomas Noach, membuka kegiatan forum lintas perangkat daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten MBD.
Kegiatan dengan sorotan Tema Peningkatan Infrastruktur Dasar Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Berbasis Potensi Unggulan serta Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber daya manusia dipusatkan di gedung Serbaguna Kota TIAKUR, Jumat (8/4).
Hadir pada kegiatan tersebut, Forkopimda Kabupaten MBD, OPD terkait, para Camat serta tamu undangan lainya.

Dalam sambutanya, Bupati menjelaskan, forum lintas perangkat daerah yang dilaksanakan saat ini merupakan agenda penting dalam prespektif penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel.
Perencanaan adalah awal dari segala aktivitas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Saya tekankan penyelanggaraan forum ini harus berkualitas dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sebagai bagian dari penyelenggaran tugas pemerintahan oleh seluruh pimpinan perangkat daerah dan jajaranya.

Dirinya menghimbau kepada semua pemangku pembangunan terutama perangkat daerah Kabupaten MBD yang berperan dalam forum ini agar memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap setiap aspirasi, kebutuhan dan permasalahan-permasalahan masyarakat untuk menghasilkan design program kegiatan maupun sub kegiatan yang inovatif, solutif dan responsive.

“Ada beberapa hal yang perluh diperhatikan dalam forum ini, yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, mengoptimalkan pemanfaatan sumber-sumber daya pembangunan yang berbasis pada kearifan lokal daerah, melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan sinergitas program kegiatan dan sub kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah Kabupaten MBD khususnya sasaran bagi makro pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Bersama Pemda MBD Gelar Rakor Evaluasi dan Sosialisasi MCP

Dikatakan, laju pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan pendapatan perkapita, pengurangan tingkat kemiskinan dan stunting serta peningkatan indeks pembangunan manusia.

“Muara dari forum yang bermartabat ini adalah pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten MBD tahun 2023, dimana kesepatakan rumusan program dan kegiatan prioritas forum lintas perangkat daerah akan diplenokan dalam Musrenbang RKPD tahun 2023 ini, sebagai upaya menyusun agenda pembangunan pada tahun 2023,” jelasnya.

Ditambahkan, permasalahan pembangunan dan kemasyarakatan di MBD masih cukup kompleks, seperti aksesbilitas dan kesulitan geografis, belum maksimalnya keterpenuhan layanan dasar, pemenuhan ekonomi dan ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat desa, konektifitas antar wilayah belum optimal serta rendahnya inovasi dan kreaktifitas birokrasi sehingga pemerintah daerah sedang berusaha untuk dapat membenahi dan mengatasi semua permasalahan yang ada. (S-08)