AMBON, Siwalimanews – Dalam mendukung transformasi UMKM di Indonesia serta berbagai vertikal bisnis, Bukalapak gelar media Gathering bersama awak media di Kota Ambon.

Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kualitas dan kapabilitas tenaga kerja Indonesia dimana Bukalapak sebagai mitra terus memperkuat kerja sama dengan Rumah Siap Kerja, salah satu Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja.

Head of Mitra Financial Services Nungky Aprilia mengaku dalam kegiatan ini dalam upaya memper­luas kesempatan bagi masyarakat di seluruh nusantara, termasuk di Timur Indonesia.

“Dalam berkarir dan berbisnis melalui beragam kelas pelatihan guna mengembangkan kompetensi diri untuk semakin inklusif. Kami ingin terus memberikan dampak positif tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia, tapi juga ke seluruh penjuru negeri,” jelasnya.

Dengan menggabungkan platform teknologi yang kami miliki dengan kolaborasi  bersama para lembaga pelatihan, termasuk Rumah Siap Kerja, ia berharap dapat senantiasa memberikan kesempatan bagi para peserta dan alumni prakerja untuk menemukan kelas pelatihan sesuai minat dan kebutuhan.

VP Product Rumah Siap Kerja Kevin Nurtanio, menambahkan, Rumah Siap Kerja telah bermitra dengan Bukalapak sejak tahun 2021 dan menjadi salah satu Lembaga Pelatihan terpopuler bagi peserta prakerja.

“Rumah Siap Kerja sendiri merupakan wadah yang dibangun untuk mendorong anak muda berbisnis dan berwirausaha guna menciptakan lapangan kerja sehing­ga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Melalui kelas-kelas pelatihan yang tersedia di platform Bukalapak menurutnya kedua pihak telah membantu para peserta prakerja memperluas kesempatan dalam mengembangkan skill untuk mencari pekerjaan atau membangun usaha.

“Kami menyediakan lebih dari 30 kelas pelatihan baik online maupun offline di Bukalapak. Topik pelatihan beragam mulai dari penjualan dan bisnis, pemasaran, pertanian, perke­bunan, IT dan data, desain grafis, bahasa asing, hingga topik terkait pengembangan diri,” ungkapnya.

Salah satu pekerja yang sukses menjalankan bisnis bersama bukalapak dan rumah siap kerja Amelya mengaku Bukalapak dan lembaga pelatihan telah memberikan manfaat ke banyak masyarakat Indonesia, termasuk dirinya dan teman-teman di Ambon.

Untuk memperkuat sertifikasi yang didapat di bangku kuliah, ia juga mengikuti kelas “Menjadi Pengawas K3” di prakerja.

“Melalui kelas ini, saya menda­patkan banyak manfaat tentang dasar-dasar pengetahuan K3. Hal ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya sebagai bekal untuk membangun karir,” ucapnya.

Kisah Emelya merupakan satu dari banyaknya kisah sukses alumni Prakerja. Misi Prakerja memaksi­malkan akses pembelajaran ke seluruh daerah di Indonesia, ter­masuk Indonesia Timur, juga sejalan dengan salah satu prioritas peme­rintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia lewat pendidi­kan yang sama untuk semua.

Head of Communication Mana­jemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Lydia Maria Kusnadi

mengaku, percaya bahwa setiap orang dari berbagai daerah dan lapisan berhak memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang.

“Dengan membangun kultur belajar sepanjang hayat lewat prakerja, secara tidak langsung kami ingin menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk terus mening­katkan kemampuan dalam dirinya di manapun dan kapanpun di tengah pasar kerja yang bergerak sangat cepat,” katanya.

Ditambahkan sejak tahun 2020 hingga kini Bukalapak telah bermitra dengan lebih dari 90 lembaga pelatihan dan memberikan lebih dari 600 pelatihan kepada lebih dari 6,000,000 pengguna prakerja.

Tidak hanya menyediakan berbagai pelatihan, lanjutnya Bukalapak juga turut mendampingi alumni penerima prakerja dan masyarakat umum melalui berbagai macam aktivitas. (S-26)