AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 163 peserta pendidikan pembentukan bintara khusus (Diktukbasus) Babinsa TNI AD tahun 2021 dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Ratusan peserta ini kemudian mengikuti upacara yang dipusatkan di Lapangan Makorindam, Suli, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (5/8) yang dipimpin langsung oleh Pangdam Pattimura Mayjen Jeffry A Rahawarin.

Dalam upacara tersebut Pangdam menginstruksikan peserta Diktukbasus untuk  memanfaatkan aplikasi belajar online untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta menjaga kesehatan saat mengikuti pendidikan lanjut.

“Ikuti Pendidikan secara baik sehingga nantinya dapat menjadi bekal dalam menguasai dan membina desa-desa binaan, selain itu manfaatkan aplikasi belajar online untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan,” ujar Pangdam.

Peran Babinsa kata Pangdam, sangat penting dalam rangka pembinaan teritorial TNI AD, meliputi pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial, agar tercipta suatu kekuatan kewilayahan sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dalam mengatasi segala ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan terhadap kelangsungan hidup bangsa dan negara serta menjamin jalannya pembangunan nasional.

Baca Juga: BNN Maluku Musnahkan Ribuan Gram Narkoba

“Selamat karena telah lulus seleksi dan berhak mengikuti pendidikan, karena sejatinya pendidikan ini merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada prajurit eligibel dan berhasil dalam mengemban tugas sebagai prajurit TNI AD dengan baik, laksanakan tugas dengan baik meskipun nantinya ditempatkan di desa terpencil yang sulit dijangkau, karena pada dasarnya Babinsa adalah ujung tombak dan garda terdepan TNI-AD,” pinta Pangdam. (S-45)