AMBON, Siwalimanews – Komunitas Voor Maluku, mulai menggelar seleksi penerima beasiswa basket tahun 2021 bagi para atlet muda asal Kota Ambon.

Seleksi yang dipusatkan di sport hall Karang Panjang, Jumat (6/8) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan, sebab masih berada dimasa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Richard Luhukay mengungkapkan, kegiatan ini merupakan langkah pertama dalam memperhatikan atlet-atlet basket di Ambon.

“Ini menjadi catatan kritis kita kedepan supaya, kuota atlet yang disiapkan untuk mendapatkan beasiswa bisa lebih banyak lagi,” ucap Luhukay kepada Siwalimanews di sela-sela seleksi tersebut.

Untuk seleksi kali ini akan dipersiapkan dua atlet yang akan diberikan beasiswa guna melanjutkan studi mereka yang oleh komunitas Voor Maluku, sampai dengan selesai studi mereka.

Baca Juga: Dua Jabatan Strategis di Polda Maluku Diserahterimakan

“Mereka ini akan melanjutkan studi di Universitas Esa Unggul. Universitas ini prestasi basketnya cukup baik,” tuturnya.

Sementara itu, penanggung jawab komunitas Voor Maluku Revalito Huliselan menambahkan, untuk seleksi beasiswa basket talent scotching yang dilakukan ini Ambon, memiliki peluang besar untuk dilanjutkan lagi.

“Setelah ini selesai, kita akan evaluasi, dan kesempatannya sangat besar sebab penerima beasiswa akan lebih banyak lagi,” ungkap Huliselan.

Untuk saat ini, kesempatan masih baru diberikan kepada dua atlet, nantinya setelah evaluasi, ada kemungkinan di tahun depan mengalami penambahan pada kuota penerima beasiswa.

Untuk tim seleksi sendiri, kata Huliselan, pihaknya yang mempersiapkan, nantinya kedua atlet yang terpilih ini diboyong Voor Maluku ke Jakarta.

Dalam seleksi ini indikator penilaian, adalah skill yang dimiliki, serta kemampuan fisik yang tentunya harus seimbang.

Untuk diketahui, proses seleksi sampai dengan penentuan atlet yang terpilih mendapatkan beasiswa, akan ditangani langsung oleh pelatih dari Jakarta yakni Tondi dan Rimbun. (S-52)