AMBON, Siwalimanews – Satuan Brimob Polda Maluku dibawa pimpinan Kombes Pol M Guntur terus berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Kota Ambon dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah lokasi maupun Patroli Harkamtibmas.

Selain penyemprotan cairan disinfektan, personil Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana dibawah pimpinan Ipda A Manullang juga menyampaikan himbauan serta pemetaan lokasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19, Senin (6/7).

“Aksi penyemprotan disinfektan maupun Patroli Harkamtibmas merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Brimob Maluku. Kegiatan ini merupakan suatu wujud kepedulian Brimob Untuk Indonesia,” ujar Dansat Brimob Polda Maluku Kombes Pol M Guntur, dalam rilis tim PID Brimob Maluku yang diterima Redaksi Siwalimanews, Senin (6/7).

Sejumlah lokasi yang disemprot cairan disinfektan yakni, pemukiman penduduk di kawasan Kampung Timur, Kawasan Pemukiman OSM serta Pemukiman di kawasan Dok Talake.

Selain penyemprotan dilakukan pada kawasan pemukiman penduduk, 10 personil KBR Detasemen Gegana di hari yang sama juga menyemprotkan sejumlah pangkalan ojek di Batu Meja dan Kudamati. Bahkan RSUD dr M Haulussy juga tak luput dari penyemprotan cairan disinfektan saat itu.

Baca Juga: Warga Buru Diberi Keleluasaan Beraktivitas

Menurut Ipda A Manullang, penyemprotan disinfektan ini dilakukan dalam rangka pencegahan Covid-19 di Kota Ambon. Selain itu pihaknya juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat pada setiap lokasi yang disemprot untuk selalu patuhi himbauan pemerintah serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Kita sampaikan himbauan agar masyarakat tetap memakai masker saat di luar rumah, selalu cuci tangan dengan sabun, serta tidak berkumpul dalam jumlah banyak dan selalu menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain,” ucapnya.

Sebelumnya pada Minggu (5/7)  penyemprotan disinfektan juga dilakukan di pangkalan ojek, pasar serta sejumlah swalayan dan mini market di Desa Waiheru, kemudian pasar dan pemukiman penduduk di Desa Nania, sejumlah lapak PKL di Nania dan  Negeri Lama serta pangkalan ojek di Passo, Lateri, Latta dan Halong.

Patroli Harkamtibmas

Sementara itu pada Minggu (5/7) delapan personil Detasemen Gegana juga melakukan Patroli Harkamtibmas dengan menyisir sejumlah lokasi yakni di depan MCM, diatas Jembatan Merah Putih, kawasan Batu Koneng, Kate-Kate, Hunuth dan Waiheru yang dipimpin oleh Brigadir Habib Al Idrus.

Patroli Harkamtibmas ini dilakukan dalam rangka mensosialisasikan aturan dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada masyarakat, terkait jam malam yang diberlakukan pada pukul 23.00 WIT, sehingg tak boleh lagi ada aktivitas warga, serta memberikan arahan bagi masyarakat agar selalu gunakan maskar saat diluar rumah dan tak boleh ada kerumunan warga. (S-21)