AMBON, Siwalimanews – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional menyalurkan sejumlah bantuan kepada Pemprov Maluku, Senin (6/7).

Bantuan yang disalurkan Gustu Nasional yang bertujuan untuk membantu Pemprov Maluku dalam penanganan wabah Covid-19 ini terdiri dari, 1 unit monitor pasien, 3 set ventilitator, 2 unit humidifier, 2 unit masker non inflasif, 1.000 set rapid test antigen (Biosensor) dan 4.500 reagen PCR.

Kemudian, ada juga 4.800 set RNA, 4800 set vitamin+swab, 1.000 set masker N 95, 210.000 set masker bedah dan 45 ribu lembar masker kain. Pada kesempatan itu juga pihak DPR RI menyerahkan bantuan ke pemprov berupa suplamen dan vitamin.

Seluruh bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Gustu Nasional, Doni Monardo yang diterima oleh Gubernur Maluku Murad Ismail di Kantor Gubernur dan disaksikan oleh  Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menko PMK Muhadjir Effendi, serta para pejabat di Kemenkes, Kemenko PMK serta BNPB, Pangdam XVI/Pattimura serta Kapolda Maluku dan sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Maluku.

Ketua Gustu Nasional Doni Monardo saat menyerahkan bantuan tersebut menjelaskan, kunjungannya bersama Menteri Kesehatan serta Menko PMK dan rombongan ke Maluku sama seperti kunjungan yang dilakukan di beberapa daerah yang miliki angka positif cukup tinggi.

Baca Juga: Hari ini, 60 Penumpang Tiba di Ambon dengan KM Dobonsolo

“Kunjungan yang kita lakukan ini merupakan perintah bapak presiden, agar kita kunjungi daerah-daerah yang angka kasus positifnya tinggi. Kita sudah lakukan di sejumlah daerah dan kali ini giliran Maluku, Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat,” ujarnya

Kunjungan ini juga kata Monardo, merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah kepada setiap daerah. Kehadiran mereka ke setiap daerah ini bertujuan untuk melihat langsung persoalan apa saja yang dihadapi dalam penanganan Covid-19.(Mg-5)