AMBON, Siwalimanews – Tiga desa di Kecamatan Salahutu, Selasa (7/7) disterilkan dengan cairan disinfektan oleh Satuan Brimob Polda Maluku.

Selain penyemprotan cairan disinfektan personil Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana dibawah pimpinan Ipda A Manullang juga menyampaikan himbauan serta pemetaan lokasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Tiga desa yang jadi sasaran dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan kali ini adalah, Desa Liang, Waai serta Tulehu,” tandas Ipda Manullang.

Dijelaskan, penyemprotan di Desa Liang dilakukan pada rumah-rumah penduduk hingga sampai ke Dusun Lengkong. Selain itu, penyemprotan juga dilakukan pada ruang tunggu serta Dermaga Ferry Hunimua dan sejumlah angkutan umum.

Sementara di Desa Waai, penyemprotan juga dilakukan pada pemukiman penduduk , serta sejumlah tempat pangkalan ojek. Hal yang sama juga dilakukan di Desa Tulehu.

Baca Juga: Besok, Penegakan Aturan Ganjil Genap Diterapkan

“Di Desa Tulehu selain penyemprotan pada rumah-rumah penduduk, kita juga mensterilkan sepanjang jalan tersebut serta sejumlah pertokoaan,” ujarnya.

Selain tiga desa di Kecamatan Salahutu yang diterilkan kata Manullang, pihaknya juga melakukan sterilisasi yang sama pada rumah-rumah penduduk di kawasan Tanah Tinggi, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Dalam kegiatan ini, mereka juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat pada setiap lokasi yang disemprot untuk selalu mematuhi himbauan pemerintah serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Kita sampaikan himbauan agar masyarakat tetap memakai masker saat di luar rumah, selalu cuci tangan dengan sabun, serta tidak berkumpul dalam jumlah banyak dan selalu menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain,” ucapnya.

Ditambahkan, apa yang dilakukan Satuan Brimobda Maluku ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya.

“Aksi penyemprotan disinfektan serta patroli untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Brimob Maluku. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Brimob untuk Indonesia,” tandas Manullang. (S-21)