AMBON, Siwalimanews – Brigjen TNI Dadang Rukhiyana selama ini menjabat sebagai Irdam di Kodam XVI Pattimura ditarik ke Mabes TNI AD dengan mengemban tugas baru.

Jabatan Irdam XVI Pattimura diserahkan ke pejabat yang baru yakni Brigjen TNI Muhammad Ali.

Jenderal Ali semama ini menjabat sebagai  Ir Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) TNI AD. Sedangkan Brigjen TNI Dadang akan mengemban tugas baru sebagai Staf Khusus KSAD.

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Nomor: Kep/73/I/2024 tertanggal 19 Januari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Pergantian Irdam Pattimura tersebut bersamaan dengan mutasi terhadap 114 pati TNI di tiga matra.

Baca Juga: Pemilu di Aru Terancam, KPU Harus Segera Bertindak

Seperti dikutip dari okezone.com, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan rotasi perwira tinggi TNI. Mutasi dilakukan terhadap 114 pati TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Mutasi ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) dengan Nomor: Kep/73/I/2024 19 Januari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 114 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 58 Pati TNI AD, 33 Pati TNI AL, dan 23 Pati TNI AU,” kata Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar, Sabtu (20/1/2024).

Salah satu yang dimutasi adalah Brigjen Yusri Nuryanto. Dia kini ditunjuk menjadi Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI. Yusri menggantikan Marsda Agung Handoko yang memasuki masa pensiun. Brigjen Yusri Nuryanto sebelumnya menjabat Inspektur Puspomad.

Lalu ada Laksda Denih Hendrata yang ditunjuk menjadi Pangkoarmada RI. Denih yang sebelumnya menjabat Pangkoarmada II menggantikan Laksdya Heru Kusmanto yang juga akan pensiun.

Berikut 58 Pati TNI AD yakni dimutasi diantaranya Mayjen TNI Amad Sugiyono, dari Warek Bid. Keuangan dan Umum Unhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun),  Brigjen TNI Jati Bambang dari Karo Ortala Setjen Kemhan menjadi Warek Bid. Keuangan dan Umum Unhan, Kolonel Arm Sanggam David M.Tampubolon, dari Kabag Fas RB dan Akim Ro Ortala Setjen Kemhan menjadi Karo Ortala Setjen Kemhan.

Selanjutnya Brigjen TNI Slamet Riyadi, dari Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kemudian Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, dari Irdam XVI Pattimura menjadi Staf Khusus KSAD. Brigjen TNI Muhammad Ali, dari Ir Seskoad menjadi Irdam XVI Pattimura. (S-09)