AMBON, Siwalimanews – Guna mengantisipasi lonjakan penumpang di saat mudik Lebaran, maka Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Maluku menyiapkan 12 tranportasi baik laut maupun darat.

Staf Seksi Sarana dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan BPTD Kelas II Maluku, Husen Daeng Grasi mengatakan, terdapat 12 transpotasi yang siap beroperasi sepanjang mudik lebaran.

Sebelumnya ada 23 bus dan armada kapal penyeberangan antar pulau yang disiapkan, namun hanya 12 yang memenuhi persyaratan.

“Jadi setelah dilakukan rampcheck, hanya 12 yang layak yang terdiri dari 7 bus dan 5 kapal laut. Awalnya itu bus ada 26 unit, tapi hanya 7 yang layak,” jelas Husen kepada wartawan di Ambon, Selasa (2/4).

Ia mengaku, bus yang tidak memenuhi standar itu, akan diperbaiki, dan jika tepat waktu akan kembali beroperasi seperti yang lainnnya dengan tentu mengantongi  izin operasi dari Pemprov Maluku.

Baca Juga: Disebut Bukan WNI, Sutaner: Kita Polisikan  Nanti

Sementara untuk armada kapal, dilakukan rampcheck sebanyak delapan kapal, enam kapal siap beroperasi, satunya sementara docking dan satunya lagi sementara dilakukan perbaikan mesin induk bagian kiri.

“Prinsipnya BPTD berkomitmen mengoptimalkan keselamatan perjalanan penumpang selama pergerakan mudik Lebaran ini, untuk itulah dilakukan rampcheck, ini untuk memastikan kesiapan transportasi tersebut,” jelasnya.(S-25)