AMBON, Siwalimanews –  BPSDM Maluku dan Balai Diklat Pertanian Maluku sebagai solusi untuk mengkarantinakan pelaku perjalanan yang terpapar Covid-19.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Adonia Rerung kepada Siwalima di ruang kerjanya, Selasa (15/2) menjelaskan, untuk tempat karantina terpusat sendiri pemprov saat ini tengah disiapkan.

“Balai Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Balai Diklat Pertanian, yang nantinya digunakan untuk karantina terpusat bagi para pelaku perjalanan maupun penumpang transit yang terpapar,” jelas Rerung.

Dirinya menjelaskan ika nantinya berdasarkan hasil pemeriksaan di kesehatan baik itu kepada penumpang yang tiba dengan menggunakan pesawat atau kapal laut ada penumpang yang terkonfirmasi maka Kota Ambon akan melayani warga kota, sedangkan warga luar Ambon akan ditangani oleh provinsi.

Dinas Kesehatan Maluku juga katanya sedang mempersiapkan perangkat kerja, baik relawan maupun peralatan lainya guna mendukung upaya menekan lajunya penyebaran Covid Omicron yang terus meningkat.

Baca Juga: Vaksinasi Massal Sepi Peminat

“Saya baru dapat informasi tengah dipersiapkan sift dan penjagaan dan juga Dinas Kesehatan sedang persiapkan tenaga relawan dan perangkatnya,” jelasnya.

Rerung juga meminta seluruh perangkat, baik RT dan RW untuk mengawasi secara ketat warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri, termasuk membatasi pertemuan sebab ditakutkan ketika warga diisolasi mandiri, tetapi bebas berkeliaran dan menyebarkan virus kepada orang lain. (S-20)