AMBON, Siwalimanews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Maluku bakal menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), terkait dengan munculnya pulau baru di Desa Taneman Wuarlabobar, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kepala BPBD Maluku Ismail Usemahu mengaku, pihaknya telah mendapatkan informasi terkait dengan munculnya pulau baru pasca gempa dengan magnitudo 7,9 SR yang melanda kabupaten tersebut dan sekitarnya, Selasa (10/1) dini hari.

Fenomena muncul tumpukan material yang membentuk pulau baru tersebut kata Usemahu, sontak membuat kaget dan menimbulkan kekhawatiran warga setempat, sehingga harus direspon secara cepat.

“Ini harus serahkan ke ahlinya ada BRIN, nanti kita koordinasi sebab dari masyarakat panik ko bisa muncul pulau baru,” ungkap Usemahu kepada wartawan di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon, Selasa (10/1).

Menurutnya, langkah cepat akan diambil BPBD Maluku dengan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait, agar dampak dari bencana ini tidak menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran berkepanjangan dari masyarakat.

Baca Juga: Tasane Minta BPJN Perhatikan Ruas Jalan Namlea Menuju Namrole

Selain itu, ditengah kondisi ketakutan yang terjadi, pemerintah harus memberikan rasa aman kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk mengembalikan kepercayaan diri kepada warga yang terkena dampak dari bencana ini.(S-20)