AMBON, Siwalimanews –  Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) tentang sinergitas pembangunan ekonomi daerah dan desa serta pembangunan kawasan perbatasan negara.

Hadir dalam acara penandatanganan kerjasama tersebut, Deputi I, Plh. Deputi 2, Deputi 3, Pokli BNPP, Karo/Asdep BNPP dan dari KADIN hadir Wakil Ketua Umum Bidang Pembangunan Kawasan Perbatasan Edy Suryadi serta para ketua dan anggota komite tetap bidang perbatasan KADIN, beserta jajarannya.

Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP Letnan Jenderal TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin pada kesmepatan itu mengatakan, penandatanganan PKS perdagangan lintas batas negara dilakukan oleh Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Wakil Ketua Umum Bidang Pembangunan Kawasan Perbatasan KADIN.

“Kerjasama ini dnegan ruang lingkup, fasilitasi penyelenggaraan kegiatan temu pelaku usaha kawasan perbatasan negara di kawasan PLBN, fasilitasi/pemanfaatan sarpras zona penunjang PLBN, fasilitasi/penyelenggaraan perdagangan melalui PLBN dan fasilitasi/penyelenggaraan promosi/pameran potensi ekonomi kawasan perbatasan di zona penunjang PLBN,” tulis Humas BNPP dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (21/7).

Sedangkan penandatanganan PKS Dukungan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Negara, dilakukan oleh Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan dan Wakil Ketua Umum Bidang Pembangunan Kawasan Perbatasan KADIN, dengan ruang lingkup, pembangunan sarana dan prasarana, infrastruktur fisik berupa peningkatan konektivitas, aksebilitas, dan elekterifikasi di kawasan perbatasan negara.

Baca Juga: DPRD Dorong Pembangunan Laboratorium Pangan di Buru

Selanjutnya, infrastruktur ekonomi dan kesejahteraan masyarakat meliputi, pembangunan sarpras layanan dasar ekonomi dan sosial dan sarpras lainya di kawasan perbatasan negara, kemudian infrastruktur pemerintah berupa, pembangunan sarpras pemerintah, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Adapun bidang kerja sama lain yang disepakati oleh BNPP dan KADIN meliputi, PKS Pengembangan potensi kawasan perbatasan telah ditandatangani sebelumnya pada bulan April 2022 oleh Deputi 2 dan WKU Bid Perbatasan KADIN,” urai pihak humas.

Masih dalam rilis tersebut, pihak BNPP berharap, penandatanganan PKS ini menjadi tahapan BNPP bersama KADIN utk mewujudkan komitmen dan tekad bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta membangun sinergitas untuk penguatan dan dukungan upaya percepatan pembangunan, khususnya di kawasan perbatasan. (S-06)