AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat Maluku untuk mewaspadai cuaca ekstrim.

BMKG memprediksikan intensitas curah hujan di Maluku untuk beberapa hari ke depan masih tergolong tinggi. Untuk itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan lebat berlaku mulai 4-6 Desember 2021.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Ambon Kamari menjelaskan, wilayah yang berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat pada 4 Desember berpeluang terjadi di Kota Tual, Kabupaten Malra, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sementara pada 5 Desember juga berpotensi terjadi di Kota Tual, Kabupaten Malra, Seram Bagian Timur dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Kondisi yang sama juga akan terjadi pada 6 Desember 2021 berpeluang terjadi Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat,” beber Kamari.

Baca Juga: Sepakati KUA PPAS, Ini Sejumlah Catatan DPRD

Dampak dari cuaca ekstrem ini dikarenakan sirkulasi Eddy di Pulau Jawa dan Timur Pulau Seram mengakibatkan terbentuknya daerah belokan angin di wilayah Maluku.

Kondisi ini, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

“Anomali suhu permukaan laut wilayah Maluku untuk satu minggu terakhir masih menghangat yakni 0.5 – 2.5 °C, sehingga adanya potensi penguapan atau penambahan massa uap air dalam proses pertumbuhan awan awan hujan di wilayah Maluku,” pungkasnya. (S-51)